Klaim Kasus Covid-19 Menurun, Luhut Minta Pasien yang Isoman Diperhatikan

Klaim Kasus Covid-19 Menurun, Luhut Minta Pasien yang Isoman Diperhatikan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

WJtoday, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri atau isoman harus mendapat perhatian. 

"Saya kira penanganan pasien yang isolasi mandiri itu perlu diperhatikan karena pada umumnya yang dibawa ke rumah sakit itu sudah pada level yang parah," kata Luhut, mengutip Antara, Sabtu (24/7/2021).

Luhut pun memerintahkan Panglima TNI untuk mengoordinasikan kegiatan pengetesan dan penelusuran kasus yang akan dimulai pada Senin (26/7/2021) di tujuh wilayah aglomerasi se-Jawa dan Bali. 

Targetnya, minimal pengetesan dan pelacakan dilakukan kepada delapan kontak erat per pasien yang dicapai dalam dua minggu ke depan.

"Kalau bisa, TNI segerakan proses testing (pengetesan), agar kita bisa membawa penderita ketika saturasi masih di atas 80 sehingga mereka masih bisa tertolong," kata dia.

Menanggapi pasien Covid-19 yang isoman di rumah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan berdasarkan laporan yang diperoleh melalui kontak telepon dengan beberapa dokter dan perawat, pasien Covid-19 yang dibawa ke rumah sakit umumnya sudah dalam kondisi parah.

"Pasien yang tidak tertolong itu umumnya masuk RS sudah terlambat, saturasi oksigennya hanya 70 atau 80," ujar Menkes.***