Khabib Tunai Janji Putuskan Pensiun, Presiden UFC Bujuk Bertarung Lagi

Khabib Tunai Janji Putuskan Pensiun, Presiden UFC Bujuk Bertarung Lagi
Khabib Nurmagomedov
WJtoday.com - Akhir pekan lalu, petarung di arena seni bela diri campuran (Mixed martial arts/MMA), Khabib Nurmagomedov umumkan bahwa dirinya akan pensiun.

Sontak pengumuman Khabib Nurmagomedov pensiun ini ramai menjadi pembahasan selama beberapa hari terakhir. 

Ada yang menyayangkan ia sudah pensiun pada usia yang baru 32 tahun dan sedang berada di puncak karier. 

Tapi di sisi lain tak sedikit pula yang memberikan dukungan sekaligus yakin Khabib takkan sembarangan mengambil keputusan karena sosoknya yang senantiasa konsisten dengan ucapan.

Keputusan pensiun petarung asal Dagestan itu tak lepas dari telah berpulangnya sang ayah, Abdulmanap Nurmagomedov, pada bulan Juli lalu.

Khabib tak yakin bisa kembali ke arena untuk satu laga berikutnya tanpa didampingi ayah tercinta di ring. 

Sudah begitu, Khabib rupanya juga telah berjanji kepada sang ibunda bahwa laga lawan Justin Gaethje menjadi laga terakhir dalam karier profesionalnya. 

Sang ibu juga merasa kurang sreg jika putranya itu tarung lagi tanpa ditemani ayahnya.


Kemenangan Terakhir di Arena MMA

Kemenangan teranyarnya melawan Justin Gaethje di arena MMA lewat submission di ronde kedua dalam partai utama UFC 254.

Hasil tersebut membuat rekor Khabib Nurmagomedov di arena MMA, termasuk sebelum masuk UFC, menjadi 29-0. 

Ia lalu mengumumkan pensiun di atas arena usai meraih kemenangannya.


UFC Usahakan Khabib Tarik Ucapan Mundurnya

Presiden Ultimate Fighting Championship (UFC) Dana White mengungkapkan ia sudah membuka pembicaraan dengan pihak Khabib Nurmagomedov untuk menarik kembali keputusannya pensiun. 

Salah satunya adalah demi mengejar kemenangan ke-30. Kabarnya, mendiang ayah Khabib memang pernah memproyeksikan putranya itu agar bisa menggenapkan rekor kemenangannya jadi 30-0.

"Aku akan katakan ini kepadamu, dan aku belum bilang siapa-siapa soal ini, tapi Khabib dan aku sudah mulai bicara," kata White dalam acara Zach Gelb Show yang dikutip MMAFighting.com.

"Saat ia melewati pertarungan malam itu, ia benar-benar sarat dengan emosi. Aku punya perasaan, ia masih ingin untuk lanjut mengejar 30-0."

"Ya benar (aku berpikir ia akan kembali). Aku pikir ia takkan pensiun. Ayahnya menginginkan dirinya sampai ke 30-0 dan aku pikir ia ingin menghormati wasiat sang ayah," tutur Dana White soal keyakinan Khabib Nurmagomedov mencabut keputusan pensiunnya dan tarung lagi di UFC.***