Liga 1 Indonesia

Ketum PSSI Sebut ada Peningkatan Kualitas dan Honor Wasit Jelang Liga 1 2022/23

Ketum PSSI Sebut ada Peningkatan Kualitas dan Honor Wasit Jelang Liga 1 2022/23
Ketum PSSI Sebut ada Peningkatan Kualitas dan Honor Wasit Jelang Liga 1 2022/23 (ilustrasi)

WJtoday, Bali  - Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan mengatakan bahwa ada peningkatan kualitas wasit pada kompetisi Liga Indonesia yang dibuka malam ini Sabtu (23/7/22) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Berbicara dalam acara peluncuran dan konferensi pers BRI Liga 1 2022/23, Sabtu, Iriawan menjelaskan peningkatan kualitas wasit dapat terlihat dalam turnamen Piala Presiden 2022 yang telah rampung pekan lalu.

"Teman-teman bisa lihat pada perhelatan Piala Presiden kemarin, itu contoh jelang nanti kompetisi, itu Alhamdulillah lancar semua, berarti ada peningkatan wasit yang signifikan," jelas Iriawan.

Mantan Kapolda Jawa Barat itu melanjutkan, PSSI akan berusaha untuk mensejahterakan wasit walaupun saat ini wasit di Indonesia memiliki bayaran tertinggi di Asia Tenggara.

"Untuk honor memang ada peningkatan. Honor wasit saat ini Rp 10 juta dari sebelumnya Rp 3,5 juta. Kami ingin memberikan kesejahteraan kepada wasit, asisten wasit. Saya akan memberikan reward and punishmen kepada mereka, jika ada yang berbuat salah," ujar Iriawan menambahkan. 

Menurut Iriawan, musim lalu pihaknya juga sudah memberikan hukuman kepada wasit yang kinerjanya tidak bagus. Kemudian untuk mengurangi kesalahan wasit, PSSI pun memberikan wasit tambahan yang berada di sebelah gawang. Hal itu sudah dilakukan oleh PSSI, saat kompetisi Liga 1 2022-2023 menyisakan beberapa laga. 

Iriawan menjelaskan, akan ada apresiasi jika wasit mampu menunjukkan performa yang bagus, sebaliknya jika wasit melakukan pelanggaran maka akan ada hukuman.

"Kalau wasitnya baik akan ada reward, ada yang menyimpang akan ada punishment. Sudah ada komite wasit yang membidangi itu, dan ada banyak wasit yang ditindak soal itu," kata Iriawan.

Kompetisi Liga 1 Indonesia telah dimulai sejak Sabtu petang dengan menyajikan pertandingan pertama yang mempertemukan PSIS Semarang menghadapi tim promosi Rans Nusantara FC.

Adapun pembukaan Liga 1 akan digelar Sabtu malam sebelum pertandingan antara juara bertahan Bali United menghadapi Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali,  pukul 21.45 WITA.

Selain pertandingan tersebut, upacara pembukaan juga akan menampilkan beberapa penampilan dari artis kenamaan ibukota seperti band Jamrud dan penyanyi Via Vallen. Ada juga pertunjukan tari kecak serta laga Fun Football 40 vs 5.***