Ketua MUI Alami Kecelakaan di Tol, Akan Jalani Perawatan di RSI Surabaya

Ketua MUI Alami Kecelakaan di Tol, Akan Jalani Perawatan di RSI Surabaya
Petugas memeriksa kondisi Ketua MUI KH Miftachul Akhyar yang dirawat di RSUD Salatiga usai kecelakaan di tol Semarang-Solo, Kamis. 12/8/2021. (dok polda jateng)

WJtoday, Salatiga - Ketua Umum MUI KH Miftachul Akhyar akan menjalani perawatan lanjutan di Rumah Sakit Islam Surabaya setelah sebelumnya mengalami kecelakaan di Tol Salatiga, Jawa Tengah, saat akan hendak pulang dari Jakarta ke Surabaya pada Kamis (12/8/2021) pagi.

"Alhamdulillah, Kiai Miftachul Akhyar sudah keluar dari RSUD Salatiga dan menuju Surabaya untuk selanjutnya dirawat di RSI Surabaya," ujar Ketua Lembaga Pendidikan Maarif NU Arifin Junaidi lewat pesan tertulisnya, Kamis.

Ia menjelaskan Kiai Miftah menuju Surabaya setelah beberapa hari menjalani karantina di Jakarta usai pulang menghadiri Konferensi Internasional Fatwa ke-6 di Kairo Mesir.

Mobil yang ditumpangi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Miftachul Akhyar dilaporkan mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/8) pagi. 

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Igbal Alqudusy membenarkan peristiwa kecelakaan di KM 462 Tol Semarang-Solo, di Desa Beji, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang.

Igbal menjelaskan peristiwa tersebut bermula ketika Toyota Vellfire bernomor polisi S 1447 NT yang ditumpangi korban melaju dari arah Semarang ke Solo.

Dari arah yang sama, lanjut dia, melaju sebuah truk yang belum diketahui identitasnya memberi tanda lampu dengan maksud akan mendahului. Mobil yang melaju di lajur kanan kemudian berpindah ke kiri untuk memberi jalan, katanya.

Namun, kata dia, truk boks yang mendahului tersebut kemudian berpindah ke jalur kiri dan kemudian mengerem mendadak.

Akibatnya, Toyota Vellfire menabrak bagian belakang truk karena jarak yang terlalu dekat dan tidak bisa menghindar. Truk tak dikenal itu sendiri kemudian kabur usai kejadian tersebut, ujarnya.

"Dua penumpang Toyota Vellfire terluka akibat kejadian itu dan dilarikan ke RSUD Salatiga," sebutnya.

Menurut dia, dari keterangan dokter diketahui tidak ada luka serius yang dialami KH Miftachul Akhyar.

"Sudah dirontgen dan tidak ditemukan patah tulang," ujar Igbal.

Peristiwa kecelakaan itu sendiri saat ini tengah ditangani oleh Satlantas Polres Semarang.  ***