Ketua Komisi III DPRD Harap Warga Jabar Bijak Jalani Tradisi Idul Fitri

Ketua Komisi III DPRD Harap Warga Jabar Bijak Jalani Tradisi Idul Fitri

WJtoday, Bandung - Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Cucu  Sugyati memperingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai bahaya penularan Covid-19 saat Hari Raya Idul Fitri 2021.

Ia berharap seluruh warga Jabar bijak menjalani tradisi lebaran dengan tetap mematuhi seluruh aturan dan imbauan pemerintah untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus aktif Covid-19.

“Saya memahami tradisi lebaran dengan segala kegiatannya. Tapi yang harus juga diingat, kita semua tidak ingin terjadi lonjakan kasus seperti yang terjadi di negara lainnya. Karena itu kita harus bijak,” ujar Cucu, Jumat (30/4).

Ia menyebutkan sejumlah aturan telah dituangkan dalam sejumlah Surat Edaran (SE), seperti larangan mudik selama 22 April sampai 24 Mei 2021. Keputusan tersebut tertuang dalam Addendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 yang ditandatangani oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Serta panduan penyelenggaraan pelaksanaan salat Idul Fitri 1442 Hijriyah atau tahun 2021 Masehi saat pandemi Covid-19.

“Pada intinya setiap kegiatan yang menimbulkan kerumunan harus kita antisipasi. Saya juga mengingatkan agar warga tetap mengenakan masker, dan mengurangi aktifitas di luar rumah jika tidak terlalu penting,” tuturnya.

Cucu mengatakan, berdasarkan data harian Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menunjukan kasus positif dan kematian masih bertambah dari hari ke hari, meskipun pasien sembuh juga meningkat.

Per hari Kamis (29/04) kemarin, Jawa Barat mencatatkan kasus harian tertinggi di Indonesia yaitu 1.119 kasus. Sedangkan secara akumulatif ada 1.662.868 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sementara  total kematian karena covid berjumlah 45.334 orang.

“Kami mengingatkan agar seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (rumah sakit, puskesmas, klinik) serta para dokter dan tenaga kesehatan lainnya menyiapkan ketersediaan ventilator, obat-obatan, alat pelindung diri (APD), tempat tidur, ruangan,” tandas Cucu. ***