Ketua DPR Minta PPKM Dibarengi dengan Perlindungan Hidup Rakyat

Ketua DPR Minta PPKM Dibarengi dengan Perlindungan Hidup Rakyat
Ketua DPR RI Puan Maharani. (dok humas dpr ri)

WJtoday, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah pastikan semua langkah dalam menangani Covid-19 benar-benar efektif, termasuk menjaga kepercayaan rakyat di tengah situasi sulit saat ini.

“Pastikan PPKM yang membatasi mobilitas dan kegiatan rakyat diimbangi dengan perlindungan hidup yang adalah hak asasi rakyat. Jangan terjadi lagi kasus-kasus pungli atas hak rakyat,” kata Puan dalam keterangannya, Selasa (3/8/2021).

Puan menambahkan, pemerintah harus terus menjaga kualitas layanan dan fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, tidak hanya fokus pemerintah ke Pulau Jawa dan Bali saja dalam menangani pandemi Covid-19.

"Jangan sampai lonjakan kasus yang pernah terjadi di Jawa dan Bali terjadi di luar Pulau Jawa dan Bali yang fasilitas dan layanan kesehatannya lebih terbatas,” sebutnya.

Baca juga: Sebagian Besar Ketentuan PPKM tak Banyak Berubah

Selain itu, dia pun mendorong pemerintah untuk mempercepat vaksinasi ke seluruh Tanah Air, menjamin ketersediaan vaksin, dan terus melakukan pemeriksaan, pelacakan kasus baru Covid-19.

Disebutkannya, pelaksanaan vaksinasi harus benar-benar dikawal dan dipercepat penyelesaian targetnya. Sebab belum ada obat yang benar-benar bisa mengobati penyakit ini.

“Yang bisa kita lakukan adalah mencegah penularan, mengurangi keparahan saat terpapar, dan mencegah kematian. Vaksin adalah perlindungan terbaik kita untuk saat ini,” ujar Puan.

Puan pun meminta pemerintah menjamin hak tenaga kesehatan (nakes) sebagai pelaksana terdepan penanganan pandemi. 

"Pastikan hak mereka terpenuhi, termasuk pembayaran insentifnya,” tandasnya.  ***