Kesbangpol Jabar Pantau Pelaksanaan Pilkada Serentak yang di Gelar Besok

Kesbangpol Jabar Pantau Pelaksanaan Pilkada Serentak yang di Gelar Besok
Kepala Badan Kesbangpol (Jabar), Iip Hidayat
WJtoday, Bandung - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Jawa Barat, melakukan monitoring daerah yang melaksanakan pilkada serentak, Rabu 9 Desember 2020 besok.

Menurut Kepala Badan Kesbangpol (Jabar), Iip Hidayat mengatakan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jabar 2020 berjalan kondusif, meski Zona Merah Covid-19 ada, terus  diantisipasi agar tidak tercipta klaster baru.

"Persiapan Pilkada 2020 berjalan kondusif. Karena kami rutin menggelar rapat, kemudian desk Pilkada, tiap minggu, kami berkoordinasi dengan delapan wilayah yang menggelar pesta demokrasi lima tahunan ini," terangnya, Selasa (8/12).

Kesbangpol Jabar juga melakukan ansitipasi pelanggaran di masa tenang, adapun pelanggarannya belum tampak.

"Tetapi isu pelanggaran-pelanggaran tersebut terdapat ada. Itulah yang kami antisipasi. Sampai sekarang masih aman. Insya Allah aman," jelasnya.

Iip menambahkan, pihaknya juga menurunkan personel guna melakukan pengamanan dalam penyelenggaraan Pilkada Jabar.

" Untuk hal tersebut, ungkap Iip, Kesbangpol Jabar berkoordinasi dengan Badan Intelegen Nasional (BIN), dan Polres setempat," jelasnya.

Ditegaskannya, soal zona merah, bahwa kawasan waspada Covid-19 itu hanya ada di beberapa tempat saja, tidak diseluruh wilayah penyelenggara Pilkada 2020.

Terhadap kawasan waspada itu, terang Iip, antisipasinya tidak hanya dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 setempat saja, tetapi juga melibatkan Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi.

"Karena ini memang riskan, yang penting prokotol kesehatan (prokes) benar-benar diterapkan," katanya.

"Disamping itu, puskesmas juga dilibatkan," tambahnya.

Iip berharap, proses pelaksanaan Pilkada 2020 bisa berjalan dengan lancar, cepat selesai, dan tidak menimbulkan klaster baru. 

"Saya berharap tak ada klaster baru, makanya saya mengimbau agar masyarakat usai mencoblos di TPS besok, pulang kerumahnya. Tak ada yang keluyuran, atau berwisata harapan saya," pungkasnya.***