Kemenparekraf Ajak Generasi Muda Ciptakan Lapangan Kerja

Kemenparekraf Ajak Generasi Muda Ciptakan Lapangan Kerja
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

WJtoday, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengajak generasi muda untuk tampil sebagai penyedia solusi dalam hal ketersediaan lapangan kerja di tengah tekanan pandemi Covid-19 yang masih melanda.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabarekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, sedikitnya ada tiga aset berharga yang dimiliki generasi muda, yaitu kreatifitas, kekayaan intelektual dan keberanian dalam mengambil risiko yang terukur dan termitigasi dengan baik.

"Kami sangat menyadari aset berharga yang dimiliki pemuda-pemuda kita untuk menghadapi tantangan yang ada," ujar Sandiaga, dalam Pre-Summit 4 Y20 Indonesia 2022, Sabtu (18/6/2022).

Dalam hal kreatifitas, menurut Sandiaga, generasi muda sangat unggul lantaran memiliki pola pikir yang sangat inovatif dalam menghadapi berbagai permasalahan. Tak terkecuali permasalahan kesehatan, ekonomi, pendidikan, dan juga lingkungan berkelanjutan. Sementara kekuatannya dalam hal kekayaan intelektual juga menjadi pembentuk nilai dalam proses berkreasi tersebut.
 
"Sedangkan aset ketiga adalah kemampuannya dalam hal kewirausahaan, yang ditandai dengan keberanian mereka mengambil risiko dan proaktif dalam mengerjakan segala sesuatu," tutur Sandiaga.

Berbekal keyakinan tersebut, lanjut Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) saat ini sangat concern dalam berbagai program kerja yang bertujuan menstimulasi dan meningkatkan tiga aset berharga tersebut.

"Terutama kita prioritaskan program-program yang menyasar untuk generasi Z dan milenial, yang notabene jumlahnya mencapai 55 persen dari total populasi di Indonesia," ungkap Sandiaga.

Dengan demikian, lanjutnya, program-program di kementeriannya tersebut tidak akan berorientasi untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi maupun mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, melainkan mendorong seluruh generasi muda agar mampu dan berminat membuat lapangan kerjanya sendiri. 

"Kita dorong untuk membuat lapangan pekerjaan yang berkualitas, dan memperbesar kesempatan bekerja yang ada, serta mendorong dan menguatkan sektor UMKM," tegas Sandiaga.***