Info haji 2022

Kemenag Ingatkan Cuaca esktrem di Saudi Bisa Sampai 43 Derajat Celsius

Kemenag Ingatkan Cuaca esktrem di Saudi Bisa Sampai 43 Derajat Celsius
Kemenag Ingatkan Cuaca esktrem di Saudi Bisa Sampai 43 Derajat Celsius

Wjtoday, Bandung - Pemerintah Indonesia kembali berangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi setelah selama dua tahun terakhir absen akibat pandemi Covid-19. Tahun ini pemerintah memberangkatkan sebanyak jemaah haji ke Arab Saudi dalam dua kloter. 

Pemerintah  juga menginformasikan situasi serta kondisi cuaca saat ini di Saudi serta mengimbau kepada para jemaah untuk dapat menjaga kondisi tubuh mereka selama menjalankan ibadah dan berpesan kepada seluruh jemaah haji untuk tidak terlalu banyak melakukan aktivitas di luar ruangan.

"Perlu kami sampaikan juga bahwa kondisi cuaca rata-rata di Arab Saudi pada hari ini berkisar antara 30 derajat sampai dengan 43 derajat dengan kelembaban rata-rata 8%," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Ahmad Abdullah melalui pernyataannya yang ditayangkan di kanal YouTube Kementerian Agama RI, Minggu (5/6/22).

Dengan cuaca panas dan kelembapan udara yang jelas jauh berbeda dengan apa yang ada di Indonesia, disebut Ahmad mungkin akan berdampak pada menurunnya kondisi dari para jemaah. Karena itu ia meminta kepada para jemaah untuk meminimalisasi untuk melakukan aktivitas di luar ruangan kecuali tengah menjalankan ibadah.

Selain itu, protokol kesehatan pun dinilai Ahmad masih perlu diterapkan para jemaah selama berada di Saudi mengingat ibadah haji kali ini digelar masih dalam situasi pandemi Covid-19.

"Pemerintah mengingatkan kembali kepada seluruh jemaah haji agar tidak banyak beraktivitas di luar ruangan mengingat suhu di Arab Saudi cukup panas. Jemaah haji kami harapkan selalu menerapkan protokol kesehatan, makan dan minum tepat waktu, beristirahat yang cukup," ucap Ahmad.

Ahmad berharap imbauan itu nantinya dapat dijalankan oleh para jemaah untuk memastikan tak ada satu pun jemaah yang menurun kondisinya selama menjalankan ibadah haji di tanah suci.

"Dengan demikian Kiranya agar keluarga jemaah haji kami harapkan dapat menyampaikan informasi ini kepada para jemaah, baik yang telah berada di Arab Saudi maupun yang berada di tanah air," kata Ahmad.

"Kita harapkan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini diberikan kemudahan dan kelancaran dan seluruh jemaah dapat melaksanakan rangkaian ibadahnya dengan aman, sehat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT," pungkasnya.***