Renungan Jumat

Kebaikan Dunia dan Akhirat

Kebaikan Dunia dan Akhirat
ilustrasi. (WJtoday)

WJtoday, Bandung - Setiap kaum muslimin pasti selalu ingin mendapatkan kebaikan dalam hidupnya, baik di dunia mau pun di akhirat. Kebaikan tersebut bisa bermacam-macam, salah satunya agar selamat dunia akhirat. Ini karena kedua tempat tersebut akan menjadi persinggahan bagi umat manusia.

Selamat di dunia bisa berupa terbebas dari bahaya, terhindar dari bencana, jauh dari malapetaka, tidak mendapat kesusahan, tidak kurang suatu apapun dan dijauhkan dari perbuatan yang salah. Sedangkan selamat di akhirat artinya dijauhkan dari siksa api neraka dan dijaga ketika dihisab.

Setiap orang tentu tidak berharap adanya keburukan yang menimpa mereka dan berharap kebaikan. Mengikuti perintah yang telah ditetapkan agama dan menjauhi segala larangannya adalah cara untuk mendapatkan kebaikan tersebut. Selain itu, ada pula doa kebaikan dunia akhirat yang bisa kita panjatkan ketika mengharap kebaikan di dunia dan akhirat.

Doa kebaikan dunia dan akhirat ini dikenal dengan doa sapu jagat. Berikut kami sampaikan bagaimana bacaan doa kebaikan dunia akhirat tersebut, yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Doa Kebaikan Dunia Akhirat

Doa kebaikan dunia akhirat ini sudah umum dibaca di tengah-tengah masyarakat. Doa ini bahkan menjadi doa yang mungkin sering kita baca.

Bacaan doa kebaikan dunia akhirat tertera dalam sebuah hadis yaitu,

وَعَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:اللَّهُمَّ آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Dari Anas radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa doa yang paling sering dibaca oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah, "Allohumma aathinaa fid dun-yaa hasanah, wa fil aakhiroti Hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar (Artinya: Ya Allah, karuniakan kepada kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan selamatkanlah kami dari siksa neraka)." (HR. Bukhari dan Muslim).

Doa kebaikan dunia akhirat di atas sama dengan doa yang terdapat dalam ayat Alquran berikut ini,

رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari siksa neraka. (QS. Al-Baqarah: 201).

Dalam riwayatnya, Imam Muslim juga menambahkan, "Jika Anas radhiyallahu ‘anhu hendak berdoa, ia pasti berdoa dengan doa tersebut. Jika ia hendak berdoa dengan doa yang lain, ia pun menyisipkan doa tersebut di dalamnya." (HR. Muslim).

Pendapat Ibnu Katsir

Terkait doa kebaikan dunia akhirat tersebut, Ibnu Katsir rahimahullah menyatakan bahwa doa sapu jagat ini mengandung permintaan kebaikan di dunia seluruhnya dan dihindarkan dari seluruh kejelekan. 

Hal yang dimaksud dengan kebaikan dunia adalah nikmat kesehatan, rumah yang lapang, istri yang penuh dengan kebaikan, rezeki yang luas, ilmu yang bermanfaat, amal saleh, kendaraan yang menyenangkan, pujian yang baik, serta kebaikan-kebaikan lainnya dengan berbagai ungkapan dari pakar tafsir.

Adapun kebaikan di akhirat yang dalam doa ini tentu saja lebih tinggi dari kebaikan di dunia, yaitu dimasukkannya kita ke dalam surga, dibebaskan dari rasa khawatir (takut), diberi kemudahan dalam hisab (perhitungan amalan) di akhirat, serta berbagai kebaikan akhirat lainnya.

Adapun permintaan diselamatkan dari siksa neraka mengandung permintaan agar kita dibebaskan dari berbagai sebab yang menjerumuskan ke dalam neraka yaitu dengan dijauhkan dari berbagai perbuatan yang haram dan dosa, dan diberi petunjuk untuk meninggalkan hal-hal syubhat (yang masih samar/abu-abu) dan hal-hal yang haram. 

Waktu Mustajab untuk Berdoa

Setiap doa sebenarnya bisa diamalkan kapan pun dan di mana pun Anda berada, begitu pula dengan amalan doa kebaikan dunia akhirat ini. Namun, tetap saja ada waktu-waktu tertentu di mana doa yang kita panjatkan menjadi mudah untuk dikabulkan oleh Allah.

Waktu-waktu mustajab untuk seorang Muslim berdoa ketika:

Setelah azan dikumandangkan

Setelah Anda membaca doa sesudah azan, berdoalah untuk keselamatan dunia dan akhirat agar selalu dilindungi oleh Allah.

Setelah sholat fardhu

Tidak hanya berdoa untuk meminta apa yang kita inginkan, namun kita juga harus memanjatkan doa selamat agar selalu diberi keselamatan di dunia dan akhirat. 

Setelah sholat sunnah (lebih baik malam hari)

Sepertiga malam adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan salat malam seperti salat tahajud, salat hajat dan salat sunnah lainnya. Setelah mengerjakan salat sunnah, ini juga menjadi waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Pada malam Lailatul Qodar

Pada malam Lailatul Qodar, semua umat Muslim berlomba-lomba memperoleh keistimewaan malam tersebut dengan beritikaf di masjid, berdzikir, dan sebagainya. Kita juga tidak boleh lupa untuk berdoa memohon keselamatan dunia dan akhirat.***