Kasus Suap, KPK Geledah Ruangan Azis Syamsuddin

Kasus Suap, KPK Geledah Ruangan Azis Syamsuddin
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin

Wjtoday, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah ruangan Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di Gedung Nusantara III. Penggeledahan itu dilakukan terkait kasus dugaan suap terhadap penyidik KPK asal Polri, AKP Stepanus Robin. Kasus itu diketahui ikut menyeret nama Azis

Plt juru bicara KPK Ali Fikri menyebut, penggeledahan sebagai bagian upaya dalam mencari alat bukti di kasus tersebut.

"Penggeledahan dilakukan tentu dalam rangka pengumpulan bukti-bukti terkait perkara dimaksud," kata Ali saat dikonfirmasi, Rabu (28/4).

Kasus yang dimaksud ialah dugaan suap Wali Kota Tanjungbalai Syahrial kepada AKP Stepanus Robin. Syahrial diduga menyuap Stepanus sebesar Rp 1,3 miliar agar penyelidikan KPK terkait dirinya dihentikan.

Nama Azis Syamsuddin mencuat seiring kasus ini. Sebab, politikus Golkar itu disebut sebagai pihak yang mempertemukan Syahrian dengan Stepanus. Pertemuan di rumah dinas Wakil Ketua DPR itu diduga berujung kesepakatan suap.

Terkait hal tersebut, Azis Syamsuddin belum memberikan tanggapannya kepada wartawan.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR Habiburokhman membenarkan penyidik KPK menggeledah ruangan Wakil Ketua DPR Azis Syamsudin. Ruangan Azis diketahui berada di lantai 4 Gedung Nusantara III.

Sebagai pimpinan MKD, ia mendampingi para penyidik KPK dalam proses penggeledahan.

Para penyidik KPK tiba di gedung DPR RI sekitar pukul 18.00 WIB, tepatnya di Gedung Nusantara III. Gedung Nusantara III adalah lokasi para pimpinan DPR berkantor, termasuk Azis sebagai Wakil Ketua DPR. Ruang Azis berada di lantai 4 Gedung Nusantara III.

Para penyidik KPK itu kemudian naik lift membawa 5 koper. Para wartawan yang berada di gedung DPR tidak diperbolehkan mendekat. Para awak media diminta tetap di dalam media center yang berada di Gedung Nusantara III.

KPK juga menggeledah dua lokasi lain. Yakni, rumah dinas dan rumah pribadi.***