KASAD Benarkan Kematian Kopda M, Akan Dilakukan Autopsi dan Visum

KASAD Benarkan Kematian Kopda  M, Akan Dilakukan Autopsi dan Visum
KASAD Jenderal Dudung Abdurachman membenarkan Kopda M alias Muslimin ditemukan dalam kondisi tewas di rumah orang tuanya di Kendal, Jawa Tengah, Kamis, 28/7/2022. (okezone.com)

WJtoday, Jakarta - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal Dudung Abdurachman membenarkan Kopda M alias Muslimin ditemukan dalam kondisi tewas di rumah orang tuanya di Kendal, Jawa Tengah. 

Namun, dia menegaskan terkait dugaan yang bersangkutan tewas bunuh diri menurutnya masih perlu dipastikan.

Dudung mengatakan, pihak kepolisian rencana akan melakukan autopsi dan visum et repertum terhadap jenazah Kopda Muslimin.

"Akan dilaksanakan autopsi dan visum et repertum untuk mengetahui penyebab kematiannya," jelas Dudung kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Kopda Muslimin merupakan buronan polisi usai diduga kuat menjadi dalang kasus penembakan Rina Wulandari (34) yang tidak lain merupakan istrinya sendiri. Peristiwa ini terjadi di depan rumah korban di Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (18/7) lalu.

Pulang untuk Minta Maaf ke Orang Tua
Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi mengatakan Kopda Muslimin datang ke rumah ayahnya, Mustakim di Kendal untuk meminta maaf.

"Beliau sempat minta maaf. Bahkan oleh orang tuanya dituturi (dinasehati) untuk menyerahkan diri," ungkap Luthfi di lokasi, Kendal, Kamis (28/7).

Luthfi menyebut Kopda Muslimin tiba di rumah orang tua sekitar pukul 05.30 WIB. Tak lama yang bersangkutan muntah-muntah.

Beberapa jam kemudian, kata Luthfi, Kopda Muslimin meninggal dunia. "Didapati pukul 07.00 WIB meninggal dunia," ujarnya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan saat ini tim Inafis dan POM TNI AD melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Pihaknya ingin memastikan meninggalnya Kopda Muslimin.

"Secara yuridis formal akan kita lakukan autopsi atas persetujuan keluarga, sebab kematian itu sendiri," sebut Luthfi.  ***