Kapal Milik Kemenkumham Tenggelam di Nusakambangan, 2 Orang Dinyatakan Tewas

Kapal Milik Kemenkumham Tenggelam di Nusakambangan, 2 Orang Dinyatakan Tewas
Tim SAR melakukan penyelaman mencari dua penumpang KMP Pengayoman yang tenggelam./instagram

WJtoday, Jakarta - Kapal Motor Penumpang (KMP) IV milik Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tenggelam di perairan Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, hari ini, sekira pukul 09.00 WIB. 

Berdasarkan informasi yang diterima Kemenkumham, kapal tersebut awalnya hendak menuju dermaga Sodong dari dermaga Wijayapura.

Petugas penyelamatan langsung menuju ke lokasi tenggelamnya kapal. Sebanyak enam orang telah berhasil dievakuasi. Nahasnya, dua orang dikabarkan meninggal dunia dalam insiden tersebut. Sementara empat orang lainnya berhasil diselamatkan.

"Dari hasil evakuasi sementara enam orang dievakuasi 4 orang selamat yakni, nahkoda kapal (P. toro, pegawai lapas batu), awak kapal. Dua orang meninggal, petugas lapas dan pekerja proyek," kata Kabag Humas Kemenkumham, Tubagus Erif Faturahman melalui keterangan resminya, Jumat (17/9/2021).

Kata Erif, kapal Pengayoman IV berangkat dari dermaga Wijayapura menuju dermaga sodong mengangkut dua truk proyek dan beberapa petugas. Kapal yang mengangkut dua truk proyek dan sejumlah petugas tersebut kemudian terlihat oleng saat berada di perairan Nusakambangan.

Kapal oleng diduga karena angin kencang dan ombak besar. Hingga akhirnya, kapal tenggelam dan terseret terbawa arus ke tengah selat.

"Ketika berada di tengah perjalanan kapal mulai terlihat oleng dikarenakan angin kencang dan ombak yang besar dan kuat. Kapal pengayoman tenggelam dan terbawa arus menuju ke tengah selat," pungkasnya.***