Kandidat Peraih Ballon d'Or 2021, Ada Lionel Messi juga Cristiano Ronaldo

Kandidat Peraih Ballon d'Or 2021, Ada Lionel Messi juga Cristiano Ronaldo

WJtoday, Bandung - Ballon d'Or adalah penghargaan individu terbesar yang diharapkan dapat diterima oleh seorang pesepakbola. Penghargaan sepak bola individu itu sempat ditiadakan pada 2020 akibat pandemi Covid-19.

Namun, award yang diprakarsai oleh Majalah France Football itu diadakan lagi pada 2021 dan pemenangnya akan diumumkan pada Desember mendatang.

Ballon d'Or diputuskan berdasarkan voting dengan kombinasi suara dari jurnalis, kapten tim nasional, dan pelatih.

Diketahui Ballon d'Or telah didominasi oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Dalam 12 edisi terakhir, Lionel Messi telah memenangkan penghargaan enam kali, sementara Cristiano Ronaldo telah memenangkannya lima kali. Luka Modric adalah satu-satunya pemain yang berhasil mematahkan dominasi keduanya mereka. Dia memenangkan penghargaan pada tahun 2018.

Namun, saat ini, kita telah menyaksikan beberapa pesaing teratas dalam perebutan penghargaan Ballon d'Or 2021, yang tampaknya, akan sulit untuk memprediksi siapa yang akan memboyong penghargaan individu paling bergengsi sepak bola tersebut di tahun ini.

Berikut  Nama calon kuat peraih Ballon d'Or 2021:

1. Lionel Messi

Nama satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sepanjang 2020-2021, Lionel Messi sudah berjasa untuk klubnya, Barcelona, dan juga timnas Argentina.

Messi mengantarkan Barcelona meraih Copa del Rey. Dia juga menjadi top skor Liga Spanyol dengan 25 gol yang ditorehkannya.

Bersama timnas Argentina, La Pulga baru saja mengangkat trofi Copa America 2021. Gelar itu merupakan yang pertama bagi Albiceleste sejak 1993.

Lionel Messi juga memborong gelar pribadi pribadi Copa America 2021. Dia menjadi top skor turnamen, pemberi  assist  terbanyak, dan memenangi gelar pemain terbaik.

Messi menjadi top skor dengan torehan empat gol bersama dengan penyerang Kolombia Luis Diaz.

Akan tetapi, Messi lebih unggul dari Diaz dengan menyumbang lima assist di turnamen ini, terbanyak di satu edisi Copa America sepanjang sejarah.

2. Jorginho

Gelandang berusia 29 tahun ini baru saja meraih gelar ganda di Eropa. Bersama Chelsea, Jorginho menjuarai Liga Champions 2020-2021.

Pemain berdarah Brasil itu juga baru saja mengantarkan timnas Italia juara Euro 2020, yang merupakan gelar kedua Gli Azzurri setelah 1968.

3. Harry Kane

Seandainya saja timnas Inggris juara Euro 2020, mungkin Harry Kane menjadi yang paling favorit untuk memenagi gelar Ballon d'Or.

Sayangnya, Inggris harus kandas di partai final dari Italia. Sementara, Kane mengakhiri Piala Eropa 2020 dengan mencetak total empat gol, hanya tertinggal dari top skor turnamen, Cristiano Ronaldo (5 gol).

Namun, sepanjang 2020-2021 Harry Kane telah menunjukkan kualitasnya sebagai nomor 9 mematikan. Dia mencetak total 33 gol.

Sebanyak 23 gol di antaranya dibukukan Kane di Premier League yang menjadikan dirinya sebagai top skor kompetisi.

4. Robert Lewandowski

Lewandowski tampil tajam musim lalu. Bomber Bayern Muenchen mencetak total 41 gol di Bundesliga, yang merupakan rekor dalam satu musim kompetisi.

Produktivitasnya juga berhasil mengantarkan Bayern juara Liga Jerman 2020-2021 dan menjuarai Piala Dunia Antarklub.

5. Giorgio Chiellini

Ballon d'Or mungkin trofi yang sulit didapat Chiellini. Namun, penampilan bek Juventus itu di Euro bersama timnas Italia, layak mendapatkan pengakuan serius.

Bek veteran 36 tahun itu membangun tembok di samping Leonardo Bonucci dan di depan Gianluigi Donnarumma. Italia tidak mungkin menjuarai Euro 2020 tanpa dia.

Sebagai informasi, tidak ada bek yang meraih Ballon d'Or sejak terakhir kali Fabio Cannavaro memenanginya pada 2006 usai mengantarkan Italia juara dunia pada tahun tersebut.

6. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo kini telah menjadi pencetak gol terbanyak internasional. Dia mencetak dua gol saat melawan Republik Irlandia pada 1 September, membuat total golnya saat 111.

Ronaldo juga menjalani musim yang apik di musim 2020-2021. Setelah memenangkan penghargaan Capocannoniere dengan mencetak 29 gol dalam 33 penampilan di Liga Italia bersaa Juventus, Ronaldo juga memenangkan Golden Boot atau Sepatu Emas di Piala Eropa 2020. Dia mencetak lima gol dalam empat pertandingan saat Portugal tersingkir di babak 16 besar.

7. N'Golo Kante

N'Golo Kante bisa dibilang pemain terpenting Chelsea saat mereka memenangkan Liga Champions musim lalu. Dia terpilih emapt kali sebagai Man of the Match mulai dari leg kedua perempatfinal hingga final.

Dia dinobatkan sebagai Gelandang terbaik Liga Champions Musim Ini. Lari tanpa henti, membuat lawan kesulitan saat berhadapan dengannya. Pemain berusia 30 tahun itu bisa menjadi calon kuat penerima Ballon dOr jika Prancis tak tersingkir lebih awal di Piala Eropa 2020.


8. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe telah mencatatkan sejumlah angka yang luar biasa di musim 2020-21. Pemain Prancis itu berhasil mencetak 42 gol dan memberikan 11 assist dalam 47 penampilan di semua kompetisi untuk Paris Saint-Germain pada musim lalu.

Dia juga memenangkan Sepatu Emas Ligue 1 untuk tahun ketiga berturut-turut, dan mencetak 27 gol dalam 31 penampilan di liga tersebut.

Namun, serangkaian penampilannya di Euro 2020 telah membuat peluangnya untuk memenangkan Ballon d'Or semakin tipis.

Dia hanya mengumpulkan satu assist dalam empat penampilan di Euro 2020 saat Prancis tersingkir di Babak 16 Besar.

9. Kevin De Bruyne

Kevin De Bruyne adalah salah satu gelandang terbaik di era modern. Pemain internasional Belgia ini telah menyuguhkan penampilan yang fenomenal bagi tim Pep Guardiola dan telah menjadi pemain terbaik Manchester City selama beberapa musim terakhir.

Dia telah memainkan peran utama musim lalu saat City mengangkat trofi Premier League dan Carabao Cup. De Bruyne juga berhasil memenangkan PFA Player of the Year Award 2021 untuk eksploitasinya di musim 2020-21.

De Bruyne telah mencetak 18 assist selain mencetak 10 gol dalam 40 penampilan di semua kompetisi untuk Manchester City pada musim 2020-21.

Dia juga merupakan salah satu pemain terbaik Belgia di Euro 2020, dan berhasil mencetak satu gol dan memberikan dua assist dalam empat penampilan.

10. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku telah menjadi pemain dengan transfer uang besar dari Inter Milan ke Chelsea musim panas ini.

Pemain internasional Belgia itu telah menampilkan permainan yang sensasional untuk Inter Milan dalam kemenangan Serie A musim 2020-21 mereka. Dia berhasil mencetak 30 gol dan memberikan 10 assist dalam 44 penampilan di semua kompetisi.