Piala Asia 2023

Kalahkan Taiwan, Timnas Indonesia Punya Modal Jalani Laga Selanjutnya

Kalahkan Taiwan, Timnas Indonesia Punya Modal Jalani Laga Selanjutnya
Timnas Indonesia usai mengalahkan Taiwan di babak play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 di Chang Arena, Buriram, Thailand, Kamis (7/10/2021). (Dok PSSI)

WJtoday, Bandung - Timnas Indonesia  berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Chinese Taipei pada laga leg 1 Play-off Piala Asia 2023 di Buriram Stadium, Thailand, Kamis (7/10/2021). Kemenangan ini jadi yang pertama bagi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia senior.

Kemenangan  ini  jadi modal berharga bagi skuad Garuda yang akhirnya kembali memenangi pertandingan setelah terakhir didapat pada 2019. Hasil ini membuat Evan Dimas dkk lebih percaya diri dalam melakoni duel selanjutnya.

Pada saat melawan Taiwan semalam, Timnas Indonesia menguasai jalannya pertandingan. Banyak peluang yang didapat meski hanya dua gol tercipta.

Gol diciptakan Ramai Rumakiek dan Evan Dimas. Sementara Taiwan mencetak gol di akhir laga menit 90+3 oleh Hsu Heng-pin.

Dilansir dari laman Soccerway, Timnas Indonesia terakhir kali memenangi pertandingan saat melawan Vanuatu pada 15 Juni 2019.

Setelah itu, timnas yang sempat diasuh oleh Simon McMenemy gagal memenanginya dari 10 laga dengan rincihan sembilan kalah, satu imbang.

Selain itu, hasil positif melawan Taiwan jadi catatan bagi Shin Tae-yong yang akhirnya bisa membawa Timnas Indonesia senior menang sejak diplot sebagai pelatih.

Tentu saja ini sangat bagus mengingat Timnas Indonesia sedang berusaha memperbaiki ranking FIFA.

Meski begitu, tim Merah Putih tidak boleh lengah. Keduanya akan kembali berhadapan dalam leg kedua di stadion yang sama.

Pada leg 2 nanti, giliran Timnas Indonesia yang akan menantang Chinese Taipei, Senin (11/10/2021). Laga nanti bakal menentukan perjuangan Timnas Indonesia untuk melaju ke Kualifikasi Piala Asia 2023.

Juru formasi asal Korea Selatan itu harus segera menutupi beberapa kekurangan anak asuhannya demi raihan positif pada pertandingan leg kedua nanti.

"Memang pemain bekerja keras, tapi ada banyak peluang untuk cetak gol tapi sayang tak bisa dapat gol. Jadi, sangat sayang untuk itu," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Satu lagi, kemasukan gol menit akhir, tapi memang saat ini dalam proses agar tim ini lebih baik lagi," pungkas mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 tersebut.***