Kabar Hilang Misterius di Cadas Pangeran Sumedang Sempat Viral, Yana Dikabarkan Ada di Cirebon

Kabar Hilang Misterius di Cadas Pangeran Sumedang Sempat Viral, Yana Dikabarkan Ada di Cirebon
Yana Supriatna. (instagram)

WJtoday, Sumedang - Pencarian Yana Supriatna, 40, warga Dusun Babakan Regol, RT02 RW01, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang kini sudah ada titik terang.

Pasalnya, setelah proses pencarian yang memakan waktu selama dua hari, keberadaan Yana dikabarkan ada di Kabupaten Cirebon pada Kamis (18/11/2021).

Melalui informasi yang dihimpun, kabar ditemukannya Yana di wilayah Cirebon itu kini sudah meluas di media sosial, namun kepastiannya masih perlu dilakukan pengecekan oleh pihak Kepolisian.

Saat dikonfirmasi, Kasi Humas Polres Sumedang, AKP Dedi Juhana menyampaikan, untuk kepastian betul atau tidaknya Yana ada di Cirebon, pihaknya tengah melakukan penjemputan, sehingga masih belum dapat memberikan informasi resmi terkait keberadaan Yana.

“Kalau memang benar itu Yana yang dikabarkan hilang di Cadas Pangeran, nanti kami kabari lagi,” kata Dedi melalui panggilan telepon.

Sementara itu, terkait beredarnya kabar keberadaan Yana di Cirebon, tim SAR Kantor Basarnas Bandung pun telah menarik kembali anggota rescue.

“Sudah kembali ke kantor, tadi dari pihak Kepolisian mau penyelidikan, Basarnas siaga jika diperlukan evakuasi saja,” ujar Humas Kantor SAR Bandung, Seni Wulandari melalui pesan singkat.

Diketahui sebelumnya, Yana dikabarkan hilang di sekitar daerah Cadas Pangeran, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang pada pukul 18.00 WIB, Selasa (16/11) lalu.

Yana sempat mengirimkan kabar kepada keluarga bahwa dirinya akan melaksanakan ibadah sholat maghrib di sekitar Tebing Cadas Pangeran.

Yana yang saat perjalanannya itu menggunakan sepeda motor, setelah sholat magrib, dirinya tak memberi kabar lanjutan kepada keluarga.

Karena tak dapat dihubungi, keluarga Yana khawatir, sehingga kemudian menghubungi pihak kepolisian dan ditemukan helm serta motornya terparkir di sekitar tebing tanpa ada keberadaan Yana.

Tim SAR gabungan melibatkan anjing pelacak dan alhi spiritual di wilayah setempat dalam kegiatan pencarian warga yang hilang di kawasan Jalan Cadas Pangeran, pada Kamis (18/11/2021).

Pria yang hilang misterius tersebut bernama Yana Supriatna. Dari informasi Yana merupakan Warga Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang Selatan.

"Hari ini hari kedua pencarian, tim gabungan masih melakukan penyusuran," kata AKP Dedi, Kasubaghumas Polres Sumedang, saat dihubungi, Kamis (18/11/2021).

Dedi mengatakan, dalam pencarian tim anjing pelacak pun diturunkan. Selain mengandalkan tim lapangan, pihaknya tengah melakukan upaya pencarian sinyal ponsel, yang dipegang Yana.

"Kita juga lakukan Cek pos (tracking sinyal ponsel) korban," katanya.

Adapun kendala pencarian terhadap Yana, lanjut Dedi, kondisi medan Cadas Pangeran, yang didominasi jurang dan kondisi cuacanya yang tak menentu, menghambat pencarian.

"Kondisi cukup sulit, karena jurang yah, kemudian cuaca juga. Kalau hujan, pencarian dihentikan sementara," ucapnya.

Yana ini merupakan satu-satunya orang yang tercatat hilang di Cadas Pangeran. Dedi mengatakan, sampai dengan ini, tidak ada catatan ada orang pernah hilang di Cadas Pangeran.

Sementara itu, Humas SAR Bandung, Seni Wulandari mengatakan pencarian terhadap Yana, tim SAR Bandung, sudah mengerahkan personel sejak pagi tadi.***