Jelang Upacara Pembukaan Olimpiade, Tokyo Justru Catat Kasus Covid-19 Tertinggi Sejak Januari

Jelang Upacara Pembukaan Olimpiade, Tokyo Justru Catat Kasus Covid-19 Tertinggi Sejak Januari
Olimpiade Tokyo 2020

WJtoday, Jepang - Upacara pembukaan Olimpiade Tokyo akan digelar pada Jumat (23/7) besok. Namun, kasus virus corona (Covid-19) di Tokyo justru menunjukkan angka tertinggi sejak Januari 2021 lalu.

Pada Rabu (21/7), Tokyo mencatat 1.832 kasus Covid-19 baru. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak 16 Januari dan jumlah kasus Covid-19 harian tertinggi ke-6 di Tokyo. Jumlah ini juga merupakan yang tertinggi yang tercatat di hari Rabu.

Adapun rata-rata jumlah kasus Covid-19 harian dalam seminggu hingga Rabu mencapai angka 1.277,6. Padahal di pekan sebelumnya, rata-rata kasus harian hanya mencapai 823,3.

Para ahli menilai Jepang tengah mengalami gelombang infeksi ke-5 karena kasus baru meningkat menjelang pembukaan Olimpiade Tokyo. Pakar kesehatan juga memperingatkan tentang kemungkinan situasi Covid-19 "kritis" di Tokyo, karena mereka memperkirakan infeksi dapat melonjak lebih jauh pada awal Agustus selama Olimpiade.

Di sisi lain, jumlah atlet dan staf yang terpapar Covid-19 di Olimpiade Tokyo terus bertambah menjelang Upacara Pembukaan besok. Hingga Rabu kemarin, jumlah kasus Covid-19 di lingkungan Olimpiade Tokyo telah mencapai 75 kasus, termasuk atlet, staf, dan sukarelawan.

Masih belum jelas apakah atlet yang dinyatakan positif Covid-19 akan diizinkan untuk mengikuti kompetisi setelah mereka pulih atau tidak. Namun pihak penyelenggara bersikeras bahwa "gelembung" untuk melindungi penduduk dari atlet, staf, dan orang lain yang terkait dengan Olimpiade dan sebaliknya masih tetap utuh.

"Tidak akan ada orang yang dites positif PCR yang akan berada di lapangan pertandingan," ujar ketua panel Komite Olimpiade Internasional, Brian McCloskey, beberapa waktu lalu.

Infeksi Covid-19 terkait Olimpiade Tokyo telah terdeteksi di berbagai kesempatan. Termasuk saat para peserta hendak berangkat dari negara asal mereka, setelah mereka mendarat di Jepang, dan setelah mereka tiba di Kampung Olimpiade di Harumi Waterfront Tokyo.

"Apa yang kita lihat sekarang adalah apa yang kami sudah kami prediksi," ungkap McCloskey. "Angka yang kita lihat sebenarnya sangat rendah. Mereka mungkin lebih rendah dari yang kita perkirakan." ***(agn)