Jelang Piala Menpora 2021, Jupe Kembali Perkuat Persib Bandung

Jelang Piala Menpora 2021, Jupe Kembali Perkuat Persib Bandung
Achmad Jufriyanto
WJtoday, Bandung - Achmad Jufriyanto kembali bersama skuad Pangeran Biru setelah masa peminjaman di Bhayangkara FC berakhir. Menjelang Piala Menpora 2021, Persib Bandung kembali diperkuat salah satu bek senior mereka. 

Pengumuman kembalinya Jupe -sapaan Achmad Jufriyanto- diumumkan melalui laman resmi Persib Bandung , Senin (22/2/2021). Bek asal Tangerang tersebut pada musim lalu menjalani satu musim masa peminjaman bersama Bhayangkara FC untuk kompetisi Liga 1 2020.

Namun, dengan berakhirnya kompetisi liga tahun mengakhiri masa pinjam Jufriyanto. Jupe sendiri masih mempunyai keterikatan kontrak dengan Persib Bandung hingga 31 Desember 2021 mendatang.

Pelatih Persib, Robert Alberts menyambut baik kembalinya Achmad Jufriyanto. Pelatih asal Belanda tersebut mengungkapkan bahwa dia tak pernah berpikir untuk melepas bek berusia 34 tahun tersebut.

"Bagus mendengar Jupe (Achmad Jufriyanto) kembali. Karena pada musim lalu kita tak pernah berpikir untuk melepasnya, tapi jupe yang meminta (peminjaman) untuk bermain di luar," kata Robert.

Kembalinya Jupe menambah persaingan di lini belakang Maung Bandung—julukan—Persib. Saat ini, skuad Robert Alberts telah diperkuat Nick Kuipers ada juga Victor Igbonefo.

"Fabiano (Beltrame) pergi dan masa pinjam Jupe telah berakhir. Jadi otomatis ia harus kembali ke Persib,” ujar Robert.

“Kami senang, karena Jupe pemain yang bagus, menjadi salah satu pemain senior. Kendati begitu regenerasi tim tetap kami pertimbangkan," tambahnya.

Ini menjadi yang ketiga kalinya Jufriyanto kembali ke Bandung.

Pria yang akrab disapa Jupe ini datang ke PERSIB pada musim 2014. Ia pun turut mengantarkan PERSIB juara ISL 2014 dan Piala Presiden 2015 dan sering tampil sebagai starter.

Di tahun kedua, 2015, dia memilih hengkang ke Sriwijaya FC dan kembali ke Bandung pada musim 2017. 

Sama saat musim pertamanya bersama Pangeran Biru, Jupe tampil tak tergantikan dan menjadi andalan selama mengarungi Liga 1 2017. Sayang, kebersamaan harus kembali berakhir di awal musim 2018 dan ia pun kemudian pindah ke Kuala Lumpur FA, Malaysia.

Satu musim mengembara di negara tetangga, Jupe kembali ke PERSIB untuk mengarungi musim 2019. Di tahun itu, ia kembali menunjukannya kualitasnya dan tak tergantikan.

Seperti de javu, Jupe lantas memilih bertualang lagi di musim 2020. Saat itu Bhayangkara mengajukan peminjaman dan menyepakati satu musim masa peminjaman, hingga 2020 akhir.

Pada bulan Februari 2021, Jupe kembali ke PERSIB untuk ketiga kalinya. Catatan ini sekaligus melewati rekor yang dibuat Eka Ramdani.

Eka pernah tercatat dua kali keluar masuk PERSIB. Masing-masing terjadi di tahun 2005 setelah pulang dari Persijatim Solo FC dan kembali dari Persela Lamongan pada musim 2018.

Selain Eka, Aji Nurpijal juga pernah mengalami hal serupa. Aji bolak-balik Bandung saat kembali dari Mitra Kukar dan Persijap Jepara. ***