Jelang Libur Nataru, Satgas Covid-19 Monitor Perkembangan Kasus dan Keterisian RS

Jelang Libur Nataru, Satgas Covid-19 Monitor Perkembangan Kasus dan Keterisian RS
ilustrasi./twitter

WJtoday, Jakarta - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan perumusan kebijakan antisipasi jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) terus dipersiapkan. Wiku mengatakan, kebijakan yang dibuat pemerintah akan disesuaikan dengan perkembangan kasus dan kondisi di lapangan.

“Menjelang masa Natal dan Tahun Baru, kebijakan akan terus disesuaikan dengan perkembangan kasus terkini dan kondisi di lapangan yang mencakup pergerakan orang di berbagai lokasi seperti lokasi wisata, pertokoan dan tempat peribadatan serta memperkuat vaksinasi dan protokol kesehatan,” katanya dalam konperensi pers, Kamis (4/11/2021).

Wiku mengatakan saat ini kasus Covid-19 memang cukup terkendali tapi monitoring terus dilakukan. Hal itu termasuk memonitor ketersediaan rumah sakit (RS).

“Termasuk terkait keterisian rumah sakit untuk menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan semaksimal mungkin,” ujarnya.

Dia mengatakan, jika keterisian tempat tidur sudah melebihi ambang batas, RS diminta melakukan konversi tempat tidur.

“Untuk saat ini upaya penanganan yang dilakukan jika keterisian tempat tidur untuk covid-19 sudah di atas ambang batas atau lebih dari 60%, maka pihak rumah sakit didorong untuk melakukan konversi tempat tidur,” tuturnya.***