Jawa Barat Tertinggi Terkait Kasus Korupsi di Indonesia

Jawa Barat  Tertinggi Terkait Kasus Korupsi di Indonesia
Ilustrasi (wjtoday/yoga enggar)

WJtoday, Jakarta -  Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan Jawa Barat jadi provinsi dengan kasus tindak pidana korupsi terbanyak.

"Dari sepuluh besar kasus korupsi di daerah yang ditangani KPK, Jawa Barat di peringkat satu dengan jumlah 101 kasus," kata Firli  di hadapan 120 legislator Jawa Barat dalam rapat koordinasi program pemberantasan korupsi terintegrasi, bertempat di Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat, Rabu, 8 September 2021.

Firli mengatakan hal itu harus menjadi perhatian bersama. Pemerintah daerah dan anggota DPRD di Jawa Barat diminta memperkuat integritas untuk mencegah korupsi.

Lembaga Antikorupsi meminta para pejabat di Jawa Barat tidak mengkhianati rakyat dengan tindakan rasuah. Firli menegaskan pihaknya tidak segan menindak siapa pun di Jawa Barat.

"Saya meyakini kawan-kawan dipilih oleh rakyat. Untuk itu pegang teguh kepercayaan rakyat. Jangan lewatkan masa pengabdian lima tahun karena korupsi," tegas Firli.

Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat meminta semua jajarannya untuk menyerap permintaan Firli. Dia berharap pernyataan Firli bisa membuat seluruh pejabat di Jawa Barat tidak ada yang melakukan korupsi.

"Kami berharap pendampingan dari KPK khususnya dalam fungsi penganggaran agar APBD yang efektif dan efisien yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan dapat kami susun dengan sebaik-baiknya," tutur Taufik.***