Jalani Sidang PK, Zumi Zola Minta Keringanan Hukuman

Jalani Sidang PK, Zumi Zola Minta Keringanan Hukuman
Mantan Gubernur Jambi, Zumi Zola
Wjtoday, Jakarta - Mantan Gubernur Jambi sekaligus aktor Zumi Zola menjalani sidang lanjutan peninjauan kembali (PK) terhadap vonis 6 tahun penjara terkait perkara gratifikasi dan pemberian suap kepada anggota DPRD Jambi.

Zumi Zola  ajukan PK karena sejumlah alasan. Salah satu alasan Zumi Zola meminta PK untuk merawat ibunya yang sudah sepuh.

"Ini usaha saya untuk mendapatkan keringanan hukuman. Semata-mata niatnya adalah untuk bisa cepat pulang merawat ibu saya," kata Zumi Zola usai sidang PK di Pengadilan Tipikor Jakarta, kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Zumi Zola mengatakan, ibunya kini tinggal seorang diri. Oleh karena itu, Zumi Zola ingin berbakti pada sang bunda di sisa-sisa hidupnya.

Selain itu, Zumi Zola juga ingin membimbing kedua anaknya yang saat ini masih kecil.

Oleh karena itu, Zumi Zola berharap mendapatkan keringanan hukum.

"Jadi saya minta doanya untuk mendapatkan yang terbaik," ujar Zumi Zola.

Sebelumnya, Zumi Zola divonis 6 penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 3 bulan oleh majelis hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta pada 6 Desember 2018. Zumi Zola pun menjalani hukuman tersebut di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin Jawa Barat sejak 14 Desember 2018.

Ia dinyatakan terbukti telah menerima gratifikasi sejumlah Rp37,478 miliar, 183.300 dolar AS, 100 ribu dolar Singapura dan 1 mobil Alphard nomor polisi D 1043 VBM dan menyuap pimpinan dan anggota DPRD provinsi Jambi mencapai keseluruhan berjumlah Rp12,94 miliar.***