Jalani Rehabilitasi di RSKO Cibubur, Polisi Nyatakan Coki Pardede sebagai 'Korban Penyalahgunaan Narkoba'

Jalani Rehabilitasi di RSKO Cibubur, Polisi Nyatakan Coki Pardede sebagai 'Korban Penyalahgunaan Narkoba'
Penyidik kepolisian membawa Komika Reza Pardede alias Coki Pardede (kiri) berjalan keluar dari ruangan Kantor Sat Resnarkoba usai menjalani asesmen pengajuan rehabilitasi di Mapolres Metro Tangerang Kota, Tangerang, Banten, Sabtu 4 September 2021./antara

WJtoday, Jakarta - Komika Reza Pardede alias Coki Pardede menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Rehabilitasi diberikan karena Coki dinilai sebagai korban penyalahgunaan narkoba.

Kepala Satuan Narkoba Polrestro Tangerang Kota AKBP Pratomo Widodo mengatakan rehabilitasi tersebut merupakan tindak lanjut atas permohonan yang diajukan oleh pihak Coki.

"Jadi kita ketahui dalam perkara ini teman-teman sudah paham bahwa Coki adalah pengguna, bisa dikatakan korban dari narkoba. Jadi permohonan ini kita terima dan selanjutnya saudara Coki akan dilakukan rehabilitasi," kata Pratomo kepada wartawan, Senin (6/9/2021).

Pratomo belum mengetahui berapa lama Coki bakal menjalani rehabilitasi. Selain Coki, penyuplai berinisial WLI juga turut menjalani rehabilitasi. Sementara tersangka lainnya yang diduga bandar sabu berinisial RA ditahan di Rutan Polrestro Tangerang Kota.

"Jadi bandarnya saudara RA kita tahan masih penyidikan di Satresnarkoba, kemudian CP dan W kita lakukan rehab," ujarnya.

Baca Juga : Komika Coki Pardede Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Penyalahgunaan Narkoba


Coki ditangkap di rumahnya, daerah Pagedangan, Kota Tangerang, pada Rabu (1/9/2021) malam. Saat ditangkap, Coki disebut baru saja mengonsumsi sabu dan masih dalam pengaruh narkoba.

Polisi menyita beberapa barang bukti, di antaranya alat suntik dan sabu seberat 0,5 gram.

Berdasarkan pemeriksaan, terungkap Coki mengonsumsi sabu dengan cara disuntikkan lewat dubur. Sabu lebih dulu dicampur dengan air dan direbus hingga mendidih. Setelah itu baru digunakan.

Selain Coki, seorang perempuan berinisal WLI yang merupakan seorang penyuplai sabu turut ditangkap oleh pihak berwajib.

Dua hari berselang, polisi berhasil menangkap bandar sabu berinisial RA, yang menyuplai ke Coki. Ia ditangkap di kediamannya yang berlokasi di daerah Cimone, Tangerang pada Jumat (3/9/2021).

"Tiga orang sementara sekarang sebagai tersangka. Kami akan proses," kata Kabid Humas Polda Metro, Kombes Yusri Yunus, Sabtu (4/9/2021).

Komika Coki Pardede, Sabtu, 4 September 2021, sekitar pukul 22.00 WIB, dipindahkan dari tahanan Polres Metro Tangerang Kota ke Pusat Rehabilitasi RSKO Cibubur untuk menjalani rehabilitasi.

Permohonan rehabilitasi Coki dikabulkan setelah mendapat rekomendasi dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Hal tersebut dibenarkan Kasat Narkoba Polres Metro Tangerang Kota AKBP Pratomo Widodo.

"Ada permohonan, kita lakukan asesmen sore (kemarin, red). Setelah asesmen itu kita lakukan rehab," katanya, Sabtu, 4 September 2021.

Seiring hal tersebut, Coki pun semalam di pindahkan ke pusat rehabilitasi RSKO Cibubur untuk menjalani rehabilitasi.

"Permohonan ini kita terima sehingga rehabilitasi dilakukan di RSKO," jelasnya.

Tak hanya Coki, perempuan berinisial W, yakni pemasok sabu kepada komika tersebut pun direhabilitasi.***