Jakarta Kota dengan Rencana Tata Ruang Terburuk di Dunia

Jakarta Kota dengan Rencana Tata Ruang Terburuk di Dunia
Tata Ruang Jakarta./instagram

WJtoday, Jakarta - Situs arsitektur Rethinking The Future (RTF) memberi gelar baru untuk Jakarta, yaitu kota dengan tata kota terburuk di dunia.

Jakarta menempati urutan pertama kota dengan perencanaan perkotaan yang buruk dalam artikel berjudul 10 Examples of Bad Urban City Planning yang ditayangkan situs web re-thinkingthefuture.com. Di bawah Jakarta antara lain ada Dubai dari Uni Emirat Arab, Brasilia dari Brasil, dan Atlata dari AS. 

Jakarta disebut sebagai kota yang padat, memiliki tingkat pencemaran udara yang tinggi, dan pencemaran air yang luas.

"Jakarta bisa dikatakan sebagai tempat dengan desain tata kota terburuk di dunia," tulis RTF.

Menurut artikel tersebut, Jakarta memiliki desain yang buruk karena pembangunan infrastruktur yang justru membawa kekacauan, seperti jalan raya hingga gedung-gedung bertingkat.

Ruang terbuka hijau turut menjadi sorotan karena dinilai masih sangat minim dan jauh dari kata memadai.

"Kemacetan lalu lintas yang ekstrem dan perluasan kota yang tidak terencana berkontribusi pada situasi buruk Jakarta saat ini," tulis RTF.

RTF juga menyoroti pembangunan infrastruktur yang dibuat Pemprov DKI Jakarta justru membuat beberapa proyek jangka panjang pembangunan Jakarta tersendat.

Situs RTF sendiri lahir dari kebutuhan akan platform yang bisa mendorong dan mempromosikan keunggulan arsitektur dalam skala global. RTF merupakan platform satu atap bagi arsitek untuk mencari inspirasi, kritik, dan pengembangan.

Lalu, mana saja 10 kota di dunia dengan perencanaan perkotaan terburuk versi RTF?

Kemacetan dan penataan gedung-gedung di Jakarta dinilai buruk

Dalam artikelnya, RTF menyebut bahwa Jakarta menjadi ibu kota padat penduduk, dengan tingkat pencemaran udara yang tinggi dan juga pencemaran air yang luas.

Selain itu, RTF juga mengungkapkan Jakarta memiliki desain yang buruk karena pembangunan infrastrukturnya dinilai kacau, seperti jalan raya dan gedung-gedung bertingkatnya.

Kemacetan di Jakarta yang buruk juga ikut mereka soroti. Menurut RTF, kemacetan di Jakarta juga diperburuk dengan adanya pembangunan infrastruktur. Sehingga, pemerintah daerah dapat berkontribusi dengan cara mengurangi pelaksanaan proyek jangka panjang.

Daftar 10 negara dengan tata kota buruk versi RTF

Selain Jakarta, terdapat juga beberapa kota di dunia yang dinilai memiliki tata kota buruk. Berikut daftarnya versi RTF:

1. DKI Jakarta, Indonesia
2. Dubai, Uni Emirat Arab (UEA)
3. Brasilia, Brasil
4. Atlanta, Georgia, AS
5. Sao Paulo, Brasil
6. Boston, Massachusetts, AS
7. Missoula, Montana, AS
8. Naypyidaw, Myanmar
9. New Orleans, Louisiana, AS
10. Dhaka, Bangladesh

Presiden Jokowi pindahkan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur

Tata kota yang dianggap sudah tak layak sebagai ibu kota, juga menjadi alasan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ingin memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur. Sebab, kondisi di Jakarta yang sudah semakin padat, dengan tingginya kemacetan dan banjir yangs sering melanda, membuat pemerintah era Jokowi mantap memindahkan Ibu Kota ke Panajam Paser Utara dan Kutar Kartanegara.

"Pemerintah telah mengajukan kajian mendalam dalam tiga tahun terakhir, hasil kajian tersebut menyimpulkan lokasi ibu kota baru paling ideal adalah di Penajam dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara," kata Jokowi di Istana, Senin (26/8/2019).

Salah satu alasan lokasi ini dipilih menjadi ibu kota karena lokasinya stategis dan lahannya juga telah dikuasai pemerintah.***