EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Spanyol Vs Swiss

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Spanyol Vs Swiss
Spanyol lebih diunggulkan mengatasi Swiss pada laga perempat final Euro 2020, Jumat (2/7/2021) malam. (instagram)

WJtoday, Bandung - LAGA antara Swiss vs Spanyol yang digelar di St Petersburg Stadium akan membuka babak perempat final Euro 2020 pada Jumat (2/7/2021) malam. Pertandingan ini bia disaksikan melalui siaran tayangan langsung di RCTI mulai pukul 23.00 WIB.

Sebagai tim yang pernah tiga kali mengangkat Trofi Henri Delaunay, Timnas Spanyol jelas lebih diunggulkan. Apalagi performa mereka terus menanjak pasca kembalinya Sergio Busquet yang sempat absen pada dua laga awal karena divonis positif Covid-19.

Meskipun diunggulkan secara materi pemain, Timnas Spanyol tak bisa meremehkan Timnas Swiss. Spanyol dan Swiss sama-sama harus melakoni laga berat pada babak 16 besar. 

Spanyol baru memastikan kemenangan atas Kroasia 5-3 pada babak tambahan setelah bermain imbang 3-3 dengan Kroasia pada waktu normal. Alvaro Morata dan Mikel Oyarzabal mencetak dua gol kemenangan Tim Matador. Sebelum menundukkan Kroasia, Tim Matador memupus harapan Slovakia untuk lolos ke babak 16 besar dengan meraih kemenangan 5-0. 

Selain itu, Spanyol juga bisa diunggulkan jika melihat rekor pertemuan dengan Swiss. Kedua tim pernah bertemu sebanyak 22 kali sebelumnya. Timnas Spanyol meraih 16 kemenangan sementara Timnas Swiss hanya satu kali menang, lima laga lainnya berakhir imbang. 

Meskipun demikian, dalam satu dekade terakhir Swiss mampu mengimbangi Spanyol. Kedua tim berbagi satu kemenangan dan dua laga lainnya berakhir imbang sejak 2010.

Soal materi pemain, Timnas Spanyol juga bisa dibilang sedikit lebih memiliki pemain bintang. Mulai dari penjaga gawang hingga penyerang, Luis Enrique diberkahi para pemain top yang berlaga di liga-liga top Eropa.

Bagi Timnas Swiss, ini merupakan pertama kalinya mereka menembus babak peremapat final Euro. Performa Xherdan Shaqiri cs pun dinilai akan terus menanjak di putaran final Piala Eropa 2020 dengan sukses menorehkan sejarah tersebut.

Swiss secara mengejutkan menyingkirkan juara Piala Dunia 2018 Prancis di babak 16 besar lewat drama adu penalti, di mana penendang penentu Les Blues, Kyilan Mbape, gagal mengeksekusi sepakannya.

Swiss sedikit kurang beruntung karena absennya Granit Xhaka. Gelandang bertahan Arsenal yang diisukan akan hengkang ke AS Roma itu harus menjalani hukuman larangan bermain karena akumulasi kartu kuning.

Pelatih Vladimir Petkovic belum memastikan siapa yang akan menggantikan Xhaka, akan tetapi media-media Swiss memprediksi posisi itu akan diisi oleh gelandang Borussia Moenchengladbach, Dennis Zakaria. Selain Xhaka, Petkovic diprediksi akan menurunkan susunan pemain yang mirip seperti pada laga kontra Prancis. 

Tanpa Xhaka, Swiss tidak akan gentar menghadapi Spanyol, sang juara Piala Eropa 3 kali. Hasil melawan Perancis membuktikan bahwa mereka bisa mengalahkan tim besar. Terlebih momen ketika bangkit dari ketertinggalan, saat pemain utama seperti Xherdan Shaqiri telah ditarik keluar. 

”Apa pun selalu bisa saja terjadi dan kami percaya itu. Kami memang hanya negara kecil tapi kami punya kualitas. Pengalaman para pemain juga berguna dalam pertandingan seperti ini,” ucap kiper Yann Sommer usai laga kontra Perancis.

Keunggulan materi pemain, serta grafik permainan yang sedang meningkat, membuat para pengamat kebanyakan menjagokan Spanyol mampu mengatasi Swiss dan bakal dengan mulus melenggang ke semi final.  ***