EURO 2020

Jadwal Siaran langsung dan Ulasan: Spanyol Lawan Kroasia

Jadwal Siaran langsung dan Ulasan: Spanyol Lawan Kroasia
Spanyol akan dihadang Kroasia pada babak 16 besar Euro 2020, Senin (28/6/2021) malam. (twitter)

WJtoday, Bandung - LAGA yang diperkirakan berlangsung menarik akan tersaji saat  Kroasia bertemu Spanyol di babak 16 besar Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Parken, Senin (28/6/2021). Pertandingan bisa disaksikan melalui siaran langsung di RCTI dan iNews TV mulai pukul 23.00.

Kelolosan ke babak 16 besar tak diraih Spanyol dengan mudah. Spanyol bahkan harus berjuang sangat keras hingga pertandingan terakhir Grup E untuk memastikan diri jadi runner-up di belakang Swedia.

Setelah imbang 0-0 dengan Swedia di laga pertama, lalu 1-1 dengan Polandia di laga kedua, Spanyol 'meledak' di laga terakhir dan menang telak 5-0 atas Slovakia.

Kehadiran Sergio Busquets dan Cesar Azpilicueta pada laga terakhir melawan Slovakia membuat Spanyol terlihat bisa bermain lebih lepas. Spanyol memang butuh sosok yang berpengalaman.

Kroasia dan Spanyol adalah dua tim yang sama-sama memiliki lini tengah berkualitas. Para gelandang akan berperan sangat vital. Siapa yang mampu memegang kendali permainan, dialah yang bakal punya peluang besar untuk meraih kemenangan.

Baca juga: Klasemen Copa America Usai Brasil Imbang Kontra Ekuador

Melihat rekor pertemuan antar kedua tim, Spanyol lebuh superior. Dari 8 kali pertemuan, Kroasia mampu menang 3 kali, imbang 1 kali, dan kalah sebanyak 4 kali. Pada aja ajang UEFA Nations League 2008, Kroasia dibantai Spanyol dengan skor mencolok 6-0.

Namun Kroasia bukan tim yang mudah dikalahkan. Apalagi performa Tim Matador asuhan Luis Enrique masih belum gemilang. Mereka seri pada dua laga di fase grup (Swedia dan Polandia), dan hanya meraih kemenangan saat melawan Slovakia.

Skuad Kroasia saat ini jauh lebih pengalaman dan rapi dalam permainan daripada Spanyol. Kroasia punya permainan yang lebih solid dengan kendali Luka Modric dan Mateo Kovavic di lini tengah.

Hanya saja, gelandang Ivan Perisic harus absen lawan Spanyol setelah dinyatakan positif Covid-19. Ini merupakan sebuah kehilangan besar bagi Kroasia. Di fase grup, dia mencetak satu gol ke gawang Republik Ceko, kemudian menyumbang satu gol dan satu assist ketika Kroasia melumat Skotlandia 3-1 untuk memastikan kelolosan mereka.

Kekuatan ofensif Kroasia dari sayap kiri bakal tereduksi dengan absennya Ivan Perisic. Siapapun yang dipercaya menggantikannya harus sebisa mungkin menampilkan permainan terbaiknya untuk membantu tim.

Para pengamat kebanyakan sepakat laga ini bakal dimenangkan oleh tim yang secara kreatif menguasai lapangan tengah. Namun jika Spanyol mampu tampil seperti saat menghadapi Slovakia, mereka diunggulkan memenangkan laga ini.  ***