Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Laga Seru Belanda Vs Ceko

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Laga Seru Belanda Vs Ceko
Giorginio Wijnaldum bakal jadi andalan Belanda saat berhadapan Ceko pada 16 besar Euro 2020, Minggu (27/6/2021)./ (twitter)

WJtoday, Bandung -  TIMNAS Belanda akan berhadapan dengan Ceko dalam babak 16 besar Euro 2020. Pertandingan akan dihelat di Puskas Arena Budapest, Hungaria, Minggu (27/6/20210) dan dapat disaksikan langsung melalui siaran RCTI dan Mola TV mulai pukul 23.00 WIB.

Para pengamat memprediksikan laga bakal berlangsung seru. Di atas kertas, Belanda sangat diunggulkan. Sepak terjang tim asuhan Frank de Boer ini selama babak grup sangat meyakinkan. Mereka menyapu bersih tiga pertandingan Grup C dengan kemenangan.

Hanya saja, rapor Belanda saat jumpa Ceko tak menjanjikan. Dari 11 pertemuan, Belanda hanya meraih 3 kemenangan dan imbang, sisanya 5 pertandingan berakhir dengan kekalahan.

Belanda punya kekuatan di lini tengah dalam formasi 3-5-2 yang akan berubah menjadi 5-3-2 ketika bertahan. Formasi itu memungkinkan Belanda mengepung pertahanan Ceko dan berusaha menyerang melalui sayap.

Giorginio Wijnaldum kembali akan menjadi andalan Belanda untuk menggedor pertahanan Ceko. Dia diharapkan akan  jadi mesin gol. Tiga gol sudah dibukukannya pada babak penyisihan grup.

Baca juga: Italia Kandaskan Austria 2-1 Lewat Perpanjangan Waktu

Belanda memang belum teruji karena lawan yang dihadapi di babak penyisihan levelnya berada di bawah mereka. Namun, kolektivitas dan grafik permainan Frenkie de Jong terus menanjak. Memphis Depay yang sedang on fire bisa jadi modal bagus untuk membongkar pertahanan Ceko. 

Sementara itu, Republik Ceko menapaki babak 16 besar Euro 2020 dengan cukup sengit. Mereka menang atas Skotlandia 2-0, seri 1-1- dengan Kroasia, dan kalah 0-1 dari Inggris.

Status non-unggulan membuat Ceko merasa diuntungkan, dipastikan hal itu berdampak positif. Sebab, mereka akan bermain lebih santai dan lepas sekaligus tanpa beban. Namun, di luar itu, Patrik Schick dan kawan-kawan dipastikan tidak akan menyerah begitu saja.

Patrik Schick, penyerang tengah Ceko mampu masuk daftar top skor Euro 2020 sementara ini. Pemain Bayer Leverkusen itu mampu mencetak tiga gol sejauh ini. Dia akan menjadi target man bagi Ceko untuk meraih kemenangan.

Pelatih Republik Ceko, Jaroslav Silhavy menyebut Belanda adalah tim yang penuh kualitas. Namun Republik Ceko, tidak bakal menyerah begitu saja.

"Belanda penuh kualitas, mereka lapar untuk mencetak gol dan pemain-pemainya larinya cepat. Kami akan melakukan 100, tidak 150 persen!" tegasnya seperti dilansir dari situs resmi UEFA.

"Kami harus membuat mereka kehilangan bola dan terus menekan, supaya mereka sulit mengembangkan permainan. Kami berharap para pemain mampu melakukan aksi brilian," tutupnya.

Faktor keunggulan dan meratanya kemampuan pemain di segala lini, serta modal motivasi tinggi menyapu bersih laga penyisihan, membuat para pengamat lebih menjagokan Belanda memenangkan laga ini. Dengan catatan mereka akan mengarungi laga seru dan ketat, berakhir dengan kemenangan tipis.  ***