EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Italia Vs Spanyol

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Italia Vs Spanyol
Italia akan bertemu lawan tangguh Spanyol pada babak semifinal Euro 2020, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. (twitter)

WJtoday, Bandung - SATU lagi big match bakal tersaji pada babak semifinal Euro 2020, Italia berhadapan dengan Spanyol. Pertandingan bakal digelar di Wembley Stadium, Rabu (7/7/2021) dini hari WIB. Tangan pertandingan bisa disaksikan melalui siaran langsung RCTI mulai pukul 02.00.

Italia lebih diunggulkan jelang melakoni pertandingan ini. Salah satunya karena secara kepercayaan diri Italia jauh lebih meyakinkan ketimbang Spanyol.

Gli Azzuri memastikan tempat di semifinal Piala Eropa 2020 setelah menang 2-1 atas tim peringkat satu dunia FIFA sekaligus kandidat kuat juara, Belgia. Berkat kemenangan ini, skuad asuhan Roberto Mancini melanjutkan status tidak terkalahkan mereka menjadi 32 laga beruntun.

Lini tengah menjadi kekuatan utama Italia di Piala Eropa 2020. Kehadiran Marco Verratti juga yang membuat lini tengah Italia makin dahsyat. Selain Marco Verratti, lini sentral Gli Azzurri diisi Nicolo Barella dan Jorginho.

Jelang laga nanti, pukulan telak harus diterima oleh Italia. Leonardo Spinazzola yang bermain luar biasa sepanjang turnamen harus absen karena mengalami cedera tendon yang cukup parah kala melawan Belgia di fase 8 besar.

Kehilangan Spinazzola tentu berpengaruh bagi skuad asuhan Roberto Mancini. Kolaborasinya dengan Lorenzo Insigne di sisi kiri permainan Italia kerap merepotkan pertahanan lawan. Bahkan, Spinazzola 2 kali menyabet gelar man of the match sepanjang Euro 2020 ini.

Sementara itu, Spanyol sudah dua kali beruntun main hingga extra time untuk menaklukkan lawan-lawannya hingga melaju ke semifinal. Anak-anak asuh Luis Enrique menumbangkan Kroasia 5-3 lewat gol-gol Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta. Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal. 

Setelah itu, extra time saja tak cukup bagi La Furia Roja untuk menyingkirkan Swiss, dan laga harus berlanjut ke adu penalti, di mana penalti penentu kemenangan dicetak oleh Oyarzabal.

Di kubu Spanyol, Daniel Olmo berkesempatan tambil sebagai starter setelah Pablo Sarabia mengalami cedera di laga kontra Swiss, sementara Ferran Torres berpotensi mempertahankan tempatnya di skuat Luis Enrique.

Dari 37 kali pertemuan kedua timnas sama-sama meraih 11 kemenangan dan 15 imbang, jadi laga krusial pada besok dini hari bakal menjadi pembuktian siapa yang lebih unggul apakah Italia atau Spanyol.

Ini akan menjadi kali keempat secara beruntun Italia dan Spanyol bertemu di fase gugur Piala Eropa. Sebelumnya, mereka berjumpa di perempat final Euro 2008, final Euro 2012, dan babak 16 besar Euro 2016. Spanyol menang adu penalti di 2008 serta menang telak 4-0 di final 2012, dan Italia membalasnya dengan kemenangan 2-0 di edisi 2016.

Para pengamat sedikit lebih menjagokan Italia bakal memenangkan laga ini, melihat performa stabil anak asuhan Mancini hingga babak 8 besar. Namun jika Spanyol mampu meredam lini tengah Italia, bukan tak mungkin mereka yang bakal bisa meraih kemenangan.  ***