EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Vs Denmark

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Vs Denmark
Inggris akan ditantang kuda hitam Denmark pada semifinal Euro 2020 yang digelar di Wembley, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. (twitter)

WJtoday, Bandung - TIMNAS  Inggris akan menghadapi kuda hitam Denmark pada babak semifinal Euro 2020, yang dihelat di Wembley Stadium, London, Inggris, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Pertandingan bisa disaksikan melalui tayangan siaran langsung RCTI dan iNews TV mulai pukul 02.00.

Inggris di atas kertas lebih diunggulkan pada laga ini. Namun, Denmark tetap mampu memberikan kejutan seperti yang sudah dilakukan Tim Dinamit sepanjang Euro 2020.

Inggris memang mempunyai rekor lebih baik dibandingkan Denmark dalam perjalanan di Euro 2020. The Three Lions memetik 4 kemenangan dan 1 hasil imbang dalam 5 laga yang sudah dijalani. Sementara itu, Denmark sudah 2 kali menelan kekalahan, 3 laga lainnya menuai kemenangan.

Performa ciamik yang dicatatkan pasukannya bisa menjadi modal bagi Gareth Southgate untuk membawa Inggris lolos final. Selama mengarungi gelanggang EURO 2021, gawang yang biasa dikawal Jordan Pickford belum sekali saja terkoyak alias masih clean sheet. 

Dari 5 kali penampilan, Inggris tercatat menang 4 kali dan sekali imbang. Satu-satunya tim yang tidak mampu dikalahkan ialah Skotlandia. Laga berakhir imbang 0-0 di fase grup lalu. Sedangkan hasil sempurna diraih saat mengalahkan Kroasia, Ceko, Jerman, dan terakhir ada Ukraina.

Sementara Denmark sempat diragukan bisa lolos ke babak gugur. Pasalnya mereka menelan dua kekalahan dari Finlandia dan Belgia pada babak penyisihan. Akan tetapi Tim Dinamit meledak pada laga terakhir kontra Rusia.

Mereka menang 4-1 dan lolos sebagai pendamping Belgia dari Grup B karena unggul selisih gol dari Finlandia. Skuad asuhan Kasper Hjulmand sempat dianggap lolos karena faktor keberuntungan saat itu. Apalagi mereka harus kehilangan gelandang serang andalan, Christian Eriksen, yang mengalami serangan jantung pada laga kontra Finlandia.

Baca juga: Singkirkan Spanyol 4-2 (1-1) Lewat Adu Penalti, Italia ke Final Euro 2020

Tetapi Denmark menunjukkan bahwa sukses mereka tak hanya karena faktor keberuntungan. Kasper Schmeichel cs membungkam Wales 4-0 pada babak 16 besar dan menyingkirkan Republik Cek 2-1 untuk mencapai semifinal.

Melihat total rekor pertemuan kedua tim, Timnas Inggris jelas lebih unggul. Dari 21 kali bertemu, Inggris 12 kali menang sementara Timnas Denmark hanya empat kali, lima laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi dalam dua pertemuan terakhir Tim Dinamit terbukti mampu membuat taring Tiga Singa ompong. Mereka pernah bertemu di ajang UEFA Nations League tahun lalu dan hasilnya satu kali imbang dan satu kemenangan 1-0 bagi Denmark di Stadion Wembley.

Para pengamat menjagokan Inggris bakal memenangkan pertandingan ini, salah satunya karena Kane dkk bermain di depan publik sendiri. Namun ini juga bisa jadi bumerang jika para pemain Inggris terlalu percaya diri, Denmark bisa beri kejutan.  ***