EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Kontra Ukraina

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Kontra Ukraina
Inggris akan dijajal Ukraina pada perempat final Euro 2020 di Stadio di Olimpico Roma, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. (twitter)

WJtoday, Bandung - SALAH satu favorit juara Euro 2020 Inggris, akan mencoba hadangan timnas Ukraina pada babak perempat final yang bakal dihelat di Stadio di Olimpico Kota Roma, Italia, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. Laga ini bisa disaksikan melalui tayangan langsung RCTI dan iNews TV mulai pukul 02.00.

Inggris bisa dibilang cukup konsisten dalam perjalanan mereka menuju perempat final. Di fase grup, pasukan Gareth Southgate menang 1-0 atas Kroasia, imbang 0-0 dengan Skotlandia, dan menang 1-0 atas Republik Ceko. Setelah itu, gol-gol Raheem Sterling dan Harry Kane memberi Three Lions kemenangan 2-0 atas Jerman di babak 16 besar.

Keempat pertandingan Three Lions, dari fase grup hingga babak 16 besar, semuanya dimainkan di Wembley, London. Melawan Ukraina, mereka akan bermain di kota Roma. Jadi kali ini Inggris tak diuntungkan bermain di depan publik sendiri.

Tiga dari empat gol yang dicetak Inggris di Euro 2020 sejauh ini diciptakan oleh Sterling. Dialah salah satu tumpuan utama Inggris dalam laga kontra Ukraina nanti.

Southgate belum memastikan apakah mereka akan menggunakan formasi 3-4-3 seperti yang mereka tunjukkan pada laga kontra Jerman atau kembali ke pola asal 4-3-3. Jika tetap memainkan 3-4-3, maka Southgate kemungkinan akan tetap menurunkan susunan pemain yang sama seperti pada laga sebelumnya.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Denmark Vs Ceko

Perubahan mungkin dilakukan Gareth Southgate mengingat Declan Rice dan Kalvin Phillips sama-sama terancam absen pada babak semifinal jika kembali mendapatkan kartu kuning. Jordan Henderson bisa menjadi pilihan untuk menggantikan satu diantara mereka.

Sementara Ukraina lolos dari fase penyisihan grup sebagai satu dari empat tim peringkat ketiga. Tim besutan Andriy Shevchenko itu kalah 2-3 dari Belanda, menang 2-1 atas tim debutan Makedonia Utara, dan kalah 0-1 dari Austria di Grup C. Mereka menjadi satu dari empat peringkat tiga terbaik dan lolos ke fase knockout pertamanya.

Di babak 16 besar, Ukraina mengalahkan Swedia 2-1 lewat extra time. Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk, yang masing-masing mengukir dua gol di fase grup, tidak mencetak gol di laga ini. Gol-gol Ukraina ke gawang Swedia diciptakan oleh Oleksandr Zinchenko dan Artem Dovbyk.

Naas bagi Shevchenko, dia hanya memiliki 24 pemain saja untuk laga kontra Inggris. Pasalnya penyerang Artem Besedin dan Denys Popov disebut masih cedera. Kabar baiknya, pemain sayap Oleksandr Zubkov sudah pulih dan disebut ikut dalam rombongan yang berangkat ke Roma, Italia.

Shevchenko diprediksi akan kembali menggunakan formasi 3-5-2 seperti yang mereka tunjukkan pada laga kontra Swedia. Mereka mengubah skema permainan setelah pada babak penyisihan grup selalu menggunakan 4-3-3.

Dari segi rekor pertemuan, Timnas Inggris memang lebih unggul. Dari tujuh kali bertanding, Inggris berhasil meraih empat kemenangan sementara Ukraina hanya satu kemenangan, dua laga lainnya berakhir imbang.

Akan tetapi jika melihat dua pertemuan terakhir kedua tim, bukan berarti Ukraina saat ini lebih lemah dari Inggris. Mereka mampu dua kali menahan imbang Inggris pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

Para pengamat menjagokan Inggris bakal memenangkan laga ini melihat penampilan yang menanjak saat menghajar Jerman, juga melihat rekor pertemuan kedua tim.  ***