EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Ditantang Jerman

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Ditantang Jerman
Inggris akan menjalani laga berat pada babak 16 besar Euro 2020 kala bertemu Jerman, Selasa (29/6/2021)./(twitter)

WJtoday, Bandung - PERTEMUAN  dua tim kuat kembali akan tersaji di babak 16 besar Euro 2020 malam nanti, Inggris akan ditantang Jerman. Pertandingan akan digelar di Stadion Wembley, Inggris, Selasa (29/7/2021) dan dapat disaksikan melalui siaran langsung Mola TV mulai pukul 23.00.

Inggris lolos sebagai juara grup D dengan catatan yang kurang impresif. Meski jadi pemuncak klasemen, skuad asuhan Gareth Southgate hanya mencetak dua gol dari tiga pertandingan. The Three Lions belum menunjukkan tampil produktif di Euro 2020. Dalam tiga pertandingan, ada dua gol yang diciptakan. 

Raheem Sterling merupakan pemain Inggris yang paling tajam. Gol-gol Inggris diborong pemain Manchester City itu. Sterling mengantarkan Inggris menang 1-0 atas Kroasia. Satu lainnya dicetak Sterling saat membawa Inggris menang 1-0 atas Republik Ceko.

Namun demikian, kendati tak produktif, Inggris masih belum kebobolan di tiga laga. Pertahanan bagus itu menjadi modal bagus Jordan Pickford dkk menghadapi Tim Panser.

Beberapa pengamat  mengatakan Inggris tak perlu gentar melawan Jerman. Alasannya, Jerman sekarang tak sehebat Jerman yang dahulu, termasuk Jerman yang mengalahkan Inggris 4-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Namun Die Mannschaft pun jelas bukan lawan yang menyenangkan buat Inggris meski Jerman juga tampil tak sesuai harapan di fase grup. Jerman meraih satu kemenangan, satu imbang, dan satu kali kalah. 

Baca juga: Ditentukan Lewat Adu Penalti, Swiss Gemilang Tumbangkan Prancis 5-4 (3-3)

Soal gol, Jerman sudah membukukan sebanyak 6 gol. Mereka cuma gagal mencetak gol di satu laga, saat tumbang dari Prancis. Kai Havertz mesti diwaspadai oleh Harry Maguire cs saat Inggris vs Jerman. Dia sudah membuat 2 gol. Dengan bermain di Chelsea, Havertz juga jelas sudah hafal dengan permainan para penggawa Timnas Inggris.

Orang mungkin akan mengatakan Jerman sudah mendapat ujian lebih berat di babak grup karena melawan Prancis dan Portugal. Tapi nyatanya tim asuhan Joachim Low itu tetap kesulitan melawan Hungaria di laga terakhir Grup F. Jerman butuh gol Leon Goretzka untuk menyamakan kedudukan 2-2 di pengujung laga dan lolos ke babak 16 besar.

Sesulit apapun kondisi tim, Jerman memang selalu memberikan penampilan terbaik jika melawan Inggris. Tapi, Jerman butuh perubahan atau wajah baru pola permainan jika ingin mengalahkan Inggris.

Pelatih Jerman Joachim Loew juga harus menemukan keseimbangan di dalam timnya. Sempat tampil apik saat menekuk Portugal 4-2, Jerman tampil tanpa kreativitas yang cukup ketika pergerakan kedua sayap mereka ditutup. 

Kai Havertz yang juga menjadi striker belum terlalu nyetel dan tidak bisa berbuat terlalu banyak di laga lawan Hungaria. Meski terkenal sebagai pelatih yang jarang mengubah susunan pemain, Loew sepertinya harus memikirkan memasukkan Timo Werner di lini depan dan Georetzka di barisan tengah.

Para pengamat berpendapat laga akan berlangsung sengit dan ketat, dan siapa yang menguasai lapangan tengah maka akan berpeluang memenangkan lag ini. Inggris lebih diunggulkan sedikit bakal menang karena tampil di depan publik sendiri.  ***