EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan Final Euro 2020: Inggris Vs Italia

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan Final Euro 2020: Inggris Vs Italia
Inggris akan berjumpa Italia pada final Euro 2020 di Wembley Stadium, Selasa (12/7/2021) dini hari waktu Indonesia. (wjtoday/yoga enggar)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Inggris akan mencoba menorehkan sejarah baru untuk meraih trofi pertama sebagai juara Piala Eropa. Namun bukan hal mudah, karena di babak final mereka akan bertemu tim tangguh yang sedang naik daun Italia.

Pertandingan final Euro 2020 akan dihelat di Wembley Stadium London, Inggris, pada Senin (12/7/2021) dini hari waktu Indonesia. Tayangan langsung laga bisa disaksikan melalui siaran RCTI dan iNews TV mulai pukul 02.00 WIB.

Pelatih Gareth Southgate menjawab kritik dan keraguan banyak pihak di putaran final Euro 2020. Ia membawa Three Lions tak kebobolan dengan tujuh poin dari tiga laga di fase grup. Lalu menyingkirkan Jerman, Ukraina, dan Denmark di fase gugur. Mereka meraih final pertamanya di Piala Eropa.

Secara mental The Three Lions sedang berada di performa yang bagus. Meski sempat tertinggal dari Denmark pada pertandingan semifinal, Harry Kane cs tak tertekan, malah berbalik bisa mengalahkan Denmark melalui babak perpanjangan waktu.

Penampilan apik diperlihatkan Raheem Sterling, Harry Kane, mereka makin padu dan tajam di lini depan. Lini pertahanan pun kokoh, hanya tertembus satu gol selama perjalanan ke final.

Pelatih Inggris mengakui  Italia adalah tim yang sangat bagus dan sudah terlihat beberapa tahun terakhir. Mereka memiliki performa luar biasa dan memiliki pejuang defensif yang telah melalui segalanya. Southgate mengakui pertandinganIni akan menjadi duel yang hebat untuk dinanti-nantikan.

Sementara bagi Timnas Italia mereka membidik gelar keduanya di Piala Eropa. Mereka pernah menjuarai edisi 1968, serta dua kali menjadi runner-up pada edisi 2000 dan 2012. Inggris tengah mengejar gelar perdana mereka, setelah dalam dua kesempatan sebelumnya selalu kandas di semifinal.

Italia terus tampil mencorong di bawah Roberto Mancini, yang menggantikan Giampiero Ventura setelah mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Mereka tak terkalahkan dalam 33 pertandingan sejak dikalahkan Portugal di UEFA Nations League pada September 2018.

Italia memenangi semua pertandingan (10) di babak kualifikasi Euro 2020. Mereka mencetak 37 gol dan hanya kebobolan empat gol. Kekuatan pertahanan yang jadi ciri khas Azzurri kini sudah dilengkapi permainan menyerang dan lini depan yang sangat tajam.

Di Euro 2020, mereka menyapu bersih semua tiga laga fase grup, kemudian mendepak Belgia, Austria, dan Spanyol.

Kedua tim pernah bertemu 27 kali. Italia menang 10 kali, sedangkan Inggris menang 18 kali. Dalam prosesnya Italia mencetak 31 gol, sedangkan Inggris menceploskan 33 gol.

Pertemuan terakhir Italia dan Inggris dalam turnamen besar tersaji di fase grup Piala Dunia 2014. Kala itu Italia menang 2-1. Mereka unggul lewat gol Claudio Marchisio dan Mario Balotelli. Sedangkan gol Inggris diceploskan Daniel Sturridge.

Mereka baru pernah dua kali bertemu di putaran final Euro, dan Gli Azzurri memenangi keduanya. Pada fase grup Euro 1980, Italia mengalahkan Inggris 1-0. Dalam Di perempat final Euro 2012, Italia menang adu penalti atas Inggris. Pertemuan terakhir kedua tim terjadi pada Maret 2018 dalam laga uji coba. Saat itu kedua tim bermain imbang 1-1.

Para pengamat lebih menjagokan Inggris bakal memenangkan pertandingan final Euro 2020 kali ini. Keuntungan bermain di depan publik sendiri menjadi modal tambahan. Selain itu, fisik para pemain muda Inggris akan menyulitkan tembok pertahanan Italia yang digalang pemain kawakan Giorgio Chiellini.   ***