EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Duel Dua Kuda Hitam, Swedia Vs Ukraina

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Duel Dua Kuda Hitam, Swedia Vs Ukraina
Ukraina akan meladeni Swedis pada babak 16 besar Euro 2020, Rabu (30/6/2021)./(twitter)

WJtoday, Bandung - PERTANDINGAN Swedia vs Ukraina dalam jadwal babak 16 besar Euro 2020, akan digelarpada Rabu (30/6/2021) pukul 02.00 WIB dini hari, di Stadion Hampden Park Glasgow, Skotlandia. Jalannya laga dapat ditonton melalui siaran langsung RCTI maupun live streaming Mola TV mulai pukul 02.00.

Pertemuan kedua tim tidak sementerang pertandingan lain di fase 16 besar yang mempertemukan tim-tim besar. Laga kali ini bak pertemuan dua kuda hitam di Euro 2020.

Swedia dan Ukraina terakhir kali bertemu di fase grup Euro 2012, dan itu adalah sebuah memori manis bagi sang pelatih Shevchenko. Kala itu, Swedia sempat unggul lewat gol Zlatan Ibrahimovic menit 52, tapi Ukraina berbalik menang 2-1 lewat sepasang gol Shevchenko menit 55 dan 61.

Pelatih Ukraina Andriy Shevchenko menyebut pihaknya bakal mewaspadai eksekusi bola mati oleh kubu lawan. Sebagai arsitek tim The Yellow and Blue, dirinya pun berharap pada Mykola Shaparenko dan kolega agar sanggup memenangkan duel bola udara saat meladeni sang rival.

Ukraina menjadi tim terakhir yang lolos sebagai peringkat ketiga terbaik. Tim asuhan Andriy Shevchenko ini mengoleksi tiga poin setelah hanya satu kali menang atas Makedonia Utara 2-1, kalah dari Belanda 3-2, dan Austria 0-1.

Terkait lini depan, Ukraina diprediksi bakal memasang trio penyerang dalam fase gugur kali ini. Tiga pemain yang berpeluang turun dalam starting XI tim besutan eks penggawa Milan dan Chelsea itu antara lain: Ruslan Malinovskiy, Andriy Yarmolenko, dan Roman Yaremchuk.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Inggris Ditantang Jerman

Agresivitas Ukraina pun cukup tinggi karena para pemainnya rata-rata berusia muda. Namun, mereka masih terkendala di sisi pertahanan yang mudah ditembus.

Sejauh ini total 4 gol yang dihasilkan Timnas Ukraina di Piala Eropa 2021 seluruhnya berasal dari aksi Yarmolenko dan Yaremchuk, dengan masing-masing menyumbang 2 gol.

Sementara, Janne Andersson selaku pelatih Swedia bakal mengantisipasi serangan balik yang dilakukan Ukraina dalam bentrok dini hari nanti. Ia mengungkapkan sang calon rival memiliki kemampuan yang apik saat melakukan transisi permainan, atau ketika beralih dari kondisi bertahan menjadi menyerang. 

Swedia mulai diperhitungkan di Euro 2020 setelah menjuarai Grup E. Tim asuhan Janne Andersson ini tak menelan kekalahan dari tiga pertandingan dan mengumpulkan tujuh poin: dua kali menang dan sekali imbang.

Swedia lolos dari Grup E dengan status juara grup dengan mengantongi tujuh poin usai seri dengan Spanyol 0-0, mengalahkan Slowakia 1-0, dan Polandia 3-2. Emil Forsberg berhasil menyumbang tiga dari empat gol yang dicetak Swedia di fase grup.

Untuk mengisi sektor depan, timnas berjuluk The Blågult itu diprediksi bakal tetap mengandalkan duet Marcus Berg dan Alexander Isak, sebagai ujung tombak kembar di depan. Selain itu tim asuhan Andersson juga masih memiliki gelandang sayap Emil Forsberg, yang sudah mencetak 3 dari 4 gol yang dihasilkan Swedia selama fase grup.

Para pengamat lebih menjagokan Swedia akan memenangkan pertandingan ini, mengingat performa yang stabil selama babak penyisihan grup. Namun bukan tidak mungkin Ukraina bakal memberikan perlawanan sengit seperti diperlihatkan Kroasia dan Swiss di fase gugur.   ***