EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Big Match Italia Vs Belgia

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Big Match Italia Vs Belgia
Italia akan berjumpa Belgia dalam big match perempat final Euro 2020 di Allianz Arena Munchen, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. (twitter)

WJtoday, Bandung - FINAL yang kepagian, demikian orang menyebut pertemuan Italia versus Belgia pada babak perempat final Euro 2020, yang digelar di Allianz Arena Munich, Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Laga bisa disaksikan melalui tayangan siaran langsung RCTI mulai pukul 02.00.

Sejauh ini Belgia dan Italia sama-sama menampilkan permainan yang cukup meyakinkan di Euro 2020. Belgia mengakhiri perlawanan Portugal di babak 16 besar, sedangkan Italia sukses menaklukkan Austria dan sempat tidak kebobolan di fase grup.

Belgia dan Italia sama-sama lolos sebagai juara grup usai menyapu bersih tiga laga penyisihan dengan kemenangan dan sama-sama mencetak tujuh gol. Bedanya Italia clean sheet, sedangkan Belgia kebobolan satu gol dari tiga pertandingan di fase grup.

Italia, seperti juga Belgia, sejak awal dijagokan jadi juara Euro 2020. Mereka juga tampil menawan terus meraih kemenangan dalam 14 pertandingan sejak babak kualifikasi. Dalam prosesnya menuju Euro 2020 mereka mencetak 46 gol dan cuma kebobolan lima.

Kunci kemenangan Italia akan ada di tangan Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang mengontrol lini belakang Gli Azzurri. Jika duo Juventus itu bisa memastikan lini pertahanan tetap kokoh, membuat gelandang dan penyerang Belgia frustrasi, maka Italia lebih berpeluang menguasai permainan.

Mancini pun sepertinya harus mempertimbangkan matang-matang apakah akan memasukkan para pemain yang sedang on fire di Euro 2020 seperti Matteo Pessina dan Manuel Locatelli jadi starting eleven. 

Ciro Immobile, Manuel Locatelli, dan Matteo Pessina masing-masing mencetak 2 gol untuk Italia. Sedangkan Lorenzo Insigne dan Federico Chiesa menyumbang satu gol.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Spanyol Vs Swiss

Ciellini cs memiliki rekam jejak bagus saat bertemu Belgia. Dalam 22 pertemuan antara kedua tim, mereka meraih 14 kemenangan, dengan empat laga berakhir imbang, dan empat laga lain dimenangi Belgia. Pertemuan terakhir kedua tim adalah di babak penyisihan Euro 2016. Kala itu, Italia menang 2-0.

Timnas Belgia saat ini menempati posisi teratas ranking dunia. Mereka mampu tampil sempurna di Euro 2020 dengan 14 kemenangan, sejak babak kualifikasi. Dalam prosesnya menuju Euro 2020, mereka mencetak 48 gol dan hanya kebobolan empat gol.

Baca juga: Jadwal Perempat Final Copa America 2021

Eden Hazard dkk pun telah mencapai kesuksesan besar dengan menyingkirkan Portugal di babak 16 besar. Sedangkan Italia sempat kesulitan sebelum bisa menaklukkan Austria di perdelapan final.

Dari 7 gol Belgia di Grup B dicetak oleh Romelu Lukaku (3), Kevin De Bruyne, Thomas Meunier, dan Thorgan Hazard, sedangkan 1 gol lainnya didapatkan lewat bunuh diri pemain Finlandia. Gol di babak 16 besar dicetak Thorgan Hazard.

Namun Belgia dihadapkan pada masalah kebugaran Kevin de Bruyne dan Eden Hazard yang mengalami cedera saat menghadapi Portugal. Kehilangan keduanya akan menjadi sebuah kerugian.

Belakangan, Roberto Martinez menyebut kondisi dua pemainnya itu tidak parah. De Bruyne kabarnya mengalami keseleo sedangkan Hazard mengalami masalah pada ototnya.

Para pengamat sedikit mengunggulkan Gil Azzuri bakal memenangkan laga ini dengan skor ketat. Rekor pertemuan, serta kebugaran pemain menjadi faktor penentunya.  ***