EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Belanda Vs Ukraina

Jadwal Siaran Langsung dan Ulasan: Belanda Vs Ukraina
Belanda akan bertemu lawan kuat Ukraina di laga Grup C Euro 2020, Senin (14/6/2021) dini hari WIB. (twitter)

WJtoday, Bandung - Pertandingan di Grup C akan mempertemukan tuan rumah Belanda menghadapi kuda hitam Ukraina. Laga yang bakal digelar di  Johan Cruijff Arena, Amsterdam, Senin (14/6/2021) dini hari WIB bisa disaksikan melalui siaran langsung RCTI mulai pukul 02.00 WIB.

Meski diunggulkan karena keuntungan bermain di depan publik sendiri, Belanda diperkirakan harus bekerja keras jika ingin meraih poin penuh. Belanda tampil di turnamen ini minus Virgil van Dijk dan Donny van de Beek. Van Dijk masih belum sepenuhnya pulih dari cedera sedangkan van de Beek mengalami cedera jelang turnamen dimulai.

Absennya kedua pemain ini membuat Belanda tidak tampil dengan kekuatan penuh. Situasi ini bisa dimanfaatkan Ukraina yang berharap bisa meraih hasil positif di laga pembuka. Bagi kedua tim pertandingan ini krusial memudahkan jalan untuk lolos ke fase gugur. Dua lawan lain relatif dianggap lebih 'ringan', yaitu Austria dan Makedonia Utara.

Secara performa belakangan ini, terutama setelah dilatih Frank de Boer, Belanda dianggap tidak cukup baik. Mereka hanya menang 5 kali dari 11 laga sejak ditangani De Boer, itu pun kemenangannya didapatkan melawan tim-tim kecil seperti Gibraltar, Latvia, dan yang terakhir Georgia. 

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung dan Review Pertandingan: Makedonia Utara Vs Austria

Mereka kalah melawan Turki pada Maret lalu dan imbang melawan Skotlandia beberapa hari yang lalu. Tapi bermain di Amsterdam bisa menjadi kunci.

Sosok Wout Weghorst bersama Memphis Depay akan jadi tumpuan di lini depan. Mereka akan dibantu lima gelandang penuh talenta seperti Georginio Wijnaldum dan Marten Elco de Roon.

Sedangkan Ukraina, mereka memiliki performa yang inkonsisten, walaupun sempat beberapa kali membuat kejutan seperti menahan imbang Prancis 1-1 Maret lalu. 

Tapi tentu saja mereka punya peluang untuk menang. Andriy Yarmolenko, Ruslan Malinovsky dan Oleksandr Zinchenko akan menjadi pemain kunci untuk pelatih Andriy Shevchenko. Laga Belanda vs Ukraina bisa berpotensi menjadi laga yang mengejutkan.

Shevchenko tentu bakal menginstruksikan pasukannya buat tampil ngotot. Kemenangan akan memudahkan langkah Ukraina melaju ke babak selanjutnya.

Namun, legenda AC Milan itu harus memikirkan strategi membongkar pertahanan Belanda yang diisi pemain-pemain hebat. Kemungkinan, lelaki yang akrab disapa Sheva itu akan mengandalkan dua striker di lini depan yang dibantu oleh lima orang gelandang untuk menciptakan gol.

Para pengamat menjagokan belanda akan mampu mengatasi Ukraina pada laga ini. Salah satu alasannya ialah keuntungan psokologis De Oranje bermain di depan publik sendiri. ***