EURO 2020

Jadwal Siaran Langsung dan Review Pertandingan: Inggris Vs Kroasia

Jadwal Siaran Langsung dan Review Pertandingan: Inggris Vs Kroasia
Inggris akan bertemu lawan tangguh Kroasia pada laga Grup D Euro 2020, Minggu (13/6/2021). / (twitter)

WJtoday, Bandung - PERTANDINGAN pembuka Grup D Euro akan mempertemukan duel dua tim kuat antara tuan rumah Inggris berhadapan dengan Kroasia. Pertandingan yang akan digelar di Stadion Wembley ini akan disiarkan langsung oleh Mola TV mulai pukul 20.00.

The Three Lions nampaknya tak akan lupa kekalahan mereka dari Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. Pertemuan kali ini bakal jadi ajang pembalasan anak asuh Gareth Southgate, apalagi mereka tampil di depan publik sendiri.

Inggris menatap turnamen ini dengan cukup percaya diri. Performa pasukan Gareth Southgate juga cukup baik. Dalam dua uji coba sebelum Euro, Inggris mengalahkan Austria dan Rumania dengan skor identik 1-0. Gol tunggal Bukayo Saka memberi kemenangan atas Austria, dan setelah itu Rumania ditekuk lewat penalti Marcus Rashford.

Mereka juga diuntungkan karena mereka menjadi salah satu tuan rumah untuk Euro 2020, di mana mereka bakal melakoni 3 laga penyisihan di kandang mereka, Wembley. Kalau Inggris melaju hingga final, mereka juga berkesempatan bermain di 6 laga berturut-turut di Wembley.

Inggris punya skuad yang sangat bagus dan merata. Ada banyak nama muda yang diboyong Gareth Souhtgate. Phil Foden [20], Mason Mount [22], Declan Rice [22], dan Jadon Sancho [20] tampil bagus pada musim 2020/2021. Lalu, ada dua pemain di bawah 20 tahun yang mungkin akan dibawa ke Euro 2020 yakni Jude Bellingham dan Mason Greenwood.

Baca juga: Belgia Tampil Perkasa Tekuk Rusia 3-0

Bukan hanya pemain muda, Inggris juga punya pemain yang cukup matang. Harry Maguire, John Stones, Harry Kane, dan Raheem Sterling cukup matang untuk memimpin tim ini. Mereka punya pengalaman yang bagus di level klub.

Cukup kontras dengan persiapan Inggris, Luka Modric dan kawan-kawan dalam dua uji coba sebelum Euro, mereka cuma imbang 1-1 dengan Armenia, di mana satu golnya dicetak oleh Ivan Perisic, dan takluk 0-1 dari Belgia.

Di sisi lain, Kroasia selalu dipandang sebagai kuda hitam di setiap ajang internasional termasuk Euo 2020 kali ini meski datang dengan status runner-up Piala Dunia 2018.

Pelatih Zlatco Dalic masih akan bertumpu pada muka-muka lama di Euro 2020. Luka Modric, Ivan Perisic, Domagoj Vida, dan Dejan Lovren masih jadi pilihan utama. Nama-nama itu adalah pilar Kroasia saat berlaga di Piala Dunia 2018 lalu.

Banyak pengamat memprediksikan pertandingan akan berlangsung ketat namun kedua tim akan sangat berhati-hati. Prediksinya akan berakhir imbang.  ***