Jabar Terima Bantuan untuk Penanggulangan Bencana

Jabar Terima Bantuan untuk Penanggulangan Bencana

Wjtoday, Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyaksikan acara serah terima simbolis bantuan darurat bencana bagi warga Jabar di Teras Pendopo Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (11/2/2021). 

Berbagai bantuan diserahkan sejumlah donatur kepada Jabar Bergerak, mulai dari pakaian, obat-obatan, perangkat sholat, perlengkapan bayi, hingga perahu Katamaran AquaTec Prime Grade High Density Polyethylene (HDPE) yang anti tenggelam dan tahan benturan. 

Dalam sambutannya, Ridwan Kamil mengatakan bahwa bantuan ini akan membantu dalam penanganan kebencanaan yang dibutuhkan oleh warga Jabar terdampak bencana, khususnya banjir. 

"Kami apresiasi dan terima kasih. Bantuan ini sifatnya baik untuk perempuan, anak, orang tua, hingga perahu, akan mempercepat proses penanganan bencana (di Jabar)," kata Kang Emil. 

Rinciannya, bantuan darurat bencana yang diterima kali ini yaitu: 300 buah pakaian wanita dari PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo); obat-obatan dalam 1 pax sebanyak 200 pak (Klinik Lima Sehat); 1 tenda dapur umum, 50 buah matras busa, 50 buah selimut (Ikatan Pegawai Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jabar); 65 perangkat salat dan 165 perlengkapan sekolah (Ikatan Isteri Pegawai Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jabar); 600 buah kasur lipat/gulung (inthebox); 1.008 dus nutrisi untuk anak usia 3 tahun ke atas, 1.008 Aqua 600 mL (Danone Indonesia); 32 dus + 2 karung perlengkapan wanita dan bayi (Yogya Group); 1.488 buah Zwitsal Sabun Bayi, 528 buah Zwitsal Bedak Bayi, 300 buah Zwitsal Sampo Bayi (PT Unilever Indonesia Tbk); 205 buah selimut, 100 paket sembako, 100 buah kaos, 100 buah  masker (PT Cahaya Benteng Mas); 126.600 buah susu cair siap minum Frisian Flag (PT Frisian Flag Indonesia); 2 set perahu karet (BJB); Rp10 juta (DP3AKB); Rp20 juta (Indo Husada Sejati); dan 4 perahu Katamaran HDPE dari PT Gani Arta Dwitunggal. 

Masih terkait bencana hidrometeorologi yang kerap terjadi di awal tahun, Kang Emil pun berharap masyarakat tetap waspada. Pemerintah pusat dan daerah pun terus berupaya menghadirkan solusi banjir, termasuk dengan membangun bendungan. 

"Proyek skala besar dari Kementerian PUPR, 12 proyek raksasa mayoritas bendungan yang berkaitan (bencana) air, bisa diselesaikan secepatnya," kata Kang Emil. 

Adapun dalam agenda perayaan HUT DPD REI Jawa Barat di Gedung Buana Kassiti pada Kamis (11/2/2021), Kang Emil juga turut menyaksikan penyerahan donasi bencana alam sebesar Rp100 juta dari DPD REI Jabar dan donasi Rp125 juta dari Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Jawa Barat. ***