EURO 2020

Italia Jadi Tim Pertama Lolos ke Fase 16 Besar, Wales Jaga Asa

Italia Jadi Tim Pertama Lolos ke Fase 16 Besar, Wales Jaga Asa
Timnas Italia memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 usai menang atas Swiss 3-0, Kamis (17/6/2021). / (twitter)

WJtoday, Bandung - TIMNAS Italia berhasil menjadi yang pertama lolos ke babak 16 besar Euro 2021 usai menghajar Swiss dengan skor 3-1, pada laga yang digelar di Stadio di Olimpico Roma, Kamis (17/6/2021).

Gil Azzuri yang menang 3-0 atas Turki pada laga pertama menghadapi perlawanan cukup berani dari Swiss. Skuad La Nati berupaya menyerang pada awal laga.

Swiss yang gagal mencetak gol justru kebobolan pada menit ke-19 melalui Giorgio Chiellini. Namun gol tersebut tidak disahkan melalui tinjauan VAR. Italia baru berhasil unggul pada menit ke 26 memlalui tendangan Manuel Locatelli di depan gawang memanfaatkan umpan dari Berardi.

Locatelli mencetak gol kedua Italia ketika babak kedua baru berjalan tujuh menit. Keunggulan Italia bertambah pada menit akhir waktu normal setelah Ciro Immobile melesakkan bola dari luar kotak penalti, seperti proses gol kedua Locatelli.

Dengan hasil tersebut, Italia kini memimpin klasemen Grup A dengan enam poin. Anak asuh Roberto Mancini unggul dua poin dari Wales.

Sebelum Italia mengemas tiga poin, Wales lebih dulu menang 2-0 atas Turki. Gol-gol The Dragons dicetak Aaron Ramsey dan Connor Roberts. Dengan koleksi empat poin, The Dragons menjaga asa untuk meloloskan diri ke fase gugur. Pertandingan terakhir yang krusial saat berhadapan dengan Italia.

Sementara Swiss berada di peringkat ketiga dengan satu poin dan Turki yang belum mendapat poin menjadi juru kunci. ***