Instruksikan Patung Bung Karno Dibuat di Setiap Daerah, Megawati: Supaya Legasinya Tidak Tenggelam

Instruksikan Patung Bung Karno Dibuat di Setiap Daerah, Megawati: Supaya Legasinya Tidak Tenggelam
Patung Bung Karno di depan kantor Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) Republik Indonesia./twitter

WJtoday, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menegaskan Presiden pertama RI, Soekarno telah memberikan legasi atau warisan yang penting bagi bangsa Indonesia. Oleh sebab itu Megawati menginstruksikan agar patung Bung Karno dibuat di setiap daerah agar masyarakat tak lupa akan jasa-jasanya.

Instruksi itu disampaikan Megawati kepada pengurus PDIP di tingkat daerah. Menurutnya PDIP sebagai partai nasionalis harus mengikuti pemikiran dan ajaran Bung Karno serta membumikannya.

“Bung Karno itu suatu waktu sangat ingin, sepertinya ingin ditenggelamkan. Tapi menurut saya tidak bisa. Legasi itu hal yang telah dibuat seorang pemimpin yang belum tentu dibuat pemimpin lainnya tidak bisa dihapus sejarah bangsa,” kata Mega dalam Peresmian Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan Penandatanganan 16 Kantor PDIP yang digelar secara daring pada Kamis (28/10/2021).

Megawati menginstruksikan kepada kader di daerah untuk membuat patung Bung Karno di berbagai daerah namun secara perlahan. Menurutnya hal itu wajar dilakukan karena Bung Karno merupakan bapak bangsa dan pahlawan nasional.

“Kalau memungkinkan tentu tidak perlu terburu-buru, bikinlah di setiap daerah patung beliau. Mau tidak mau suka tidak suka beliau adalah proklamator kita, bapak bangsa, diberi gelar pahlawan nasional sehingga hal seperti itu harus diingatkan pada generasi muda,” ujarnya.

Megawati yang merupakan presiden kelima RI menyebut patung memungkinkan orang bisa melihat bagaimana perjuangan Bung Karno semasa hidup demi bangsa Indonesia.

“Ada yang mengatakan kalau Islam garis keras tidak boleh, takut didewakan atau disembah, tidak ada niat seperti itu. Hanya sebuah pengenalan dari sosok pahlawan. Kalau bisa seluruh pahlawan bangsa harusnya diwujudkan dalam bentuk fisik, sosok,” tuturnya.

Megawati juga mengatakan sosok Bung Karno penting diketahui generasi-generasi selanjutnya, salah satunya melalui patung.

“Mana anak muda masih mengetahui, saya saja kalau tidak diberitahu ayah saya seperti apa sosok Pattimura, saya tidak tahu. Tapi ayah saya menceritakan menggambarkan. Itulah maksud mengapa mulai makin banyak yang namanya sosok dari Bung Karno pendiri bangsa ini,” tuturnya. ***