Ini Jawaban Gibran Soal Tuduhan Politik Dinasti di Pilkada Solo

Ini Jawaban Gibran Soal Tuduhan Politik Dinasti di Pilkada Solo
Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka
Wjtoday - Calon Wali Kota Solo, Gibran Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming, akhirnya menjawab tudingan mengenai politik dinasti atas pencalonannya oleh PDI Perjuangan (PDIP), mengingat dirinya sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi)., akhirnya menjawab tudingan mengenai politik dinasti atas pencalonannya oleh PDI Perjuangan (PDIP), mengingat dirinya sebagai putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jawaban itu disampaikan Gibran menjawab pertanyaan peserta diskusi virtual di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2020). Di acara itu, Gibran, Cabup Bupati Kediri Hanindhito Pramana, dan Cabup Jembrana I Made Kembang Hartawan, hadir sebagai pembicara.

Putra sulung presiden  ini mengatakan, keikutsertaan dirinya dalam Pilkada serentak tahun ini merupakan sebuah kontestasi. Lanjutnya, artinya ada kemungkinan dirinya dapat memenangkan mayoritas suara rakyat atau sebaliknya.

"Ya saya kan ikut kontestasi, bisa memang bisa kalah, bisa dicoblos bisa tidak. Jadi, tidak ada kewajiban untuk mencoblos saya dan ini kan kontestasi bukan penunjukan," kata Gibran lagi.

Gibran mengatakan, masyarakat Solo juga sudah memahami arti dinasti politik. Dia mengaku juga terus memberikan pemahaman terkait hal tersebut kepada setiap warga ysng ditemui dalam satu tahun terakhir. Dia menyebutkan bahwa warga juga menerima kehadiran dirinya dengan tanhan terbuka setiap kali blusukan.

"Kalau yang masih meributkan dinasti politik itu kan ya dari, ya kita tahu orang orangnya siapa, dan yang diributkan itu itu saja," katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Secara pribadi, Gibran mengaku ingin menjadi kepala daerah karena memiliki niat untuk menyentuh masyarakat luas melalui kebijakan politik. Dia menurutkan bahwa sebagai pengusaha dirinya hanya bisa menyentuh karyawan dan orang-orang yang bekerja bersamanya.

"Dan tadi sudah disampaikan Mas Dhito juga. Mas Hanindhito kan pengusaha, ya saya juga pengusaha. Yang saya sentuh hanya karyawan saya saja. Tetapi kalau saya masuk ke politik, yang bisa saya sentuh kalau di Solo ya 500.000-an orang yang bisa saya sentuh melalui kebijakan-kebijakan saya", ungkapnya

Seperti diketahui, DPP PDIP telah memberikan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka guna mengikuti Pilkada Solo. Putra sulung Presiden Joko Widodo itu akan dipasangkan dengan Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa.

Pengangkatan Gibran berdasarkan surat keputusan nomor 168/IN/DPP/VII/2020. Surat ditandatangani Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.