Ikut Serta Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Ingin Tepis Keraguan Masyarakat

Ikut Serta Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Ingin Tepis Keraguan Masyarakat
Ikut Serta Jadi Relawan Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Ingin Tepis Keraguan Masyarakat
WJtoday, Bandung - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, keterlibatan dirinya sebagai relawan vaksin virus corona baru (Covid-19) diharapkan bisa menjawab keraguan di hati masyarakat. 

Menurut Emil -sapaan akrabnya- banyak spekulasi di tengah masyarakat yang menyebutkan bahwa rakyat dikorbankan menjadi kelinci percobaan dalam menyiapkan vaksin. 

“Justru kalau begini agak reda, saya menjadi saksi kalau berhasil, kalau gagal seperti apa. Maka yang memberi testimoni ketua gugus tugas langsung yang bisa memahami per-Covid-an dari A sampai Z termasuk vaksin karena secara pribadi terlibat,” ucap Emil.

Diakui Emil, menjadi relawan vaksin Covid-19 merupakan keputusan pribadinya. Kendati demikian, dirinya tak bisa memaksa para pejabat lain untuk terlibat. 

“Urusan kesehatan ini kan pilihan. Tidak ada tupoksinya namanya juga relawan, relawan itu keikhlasan. Maka saya gak bisa mengirimkan surat atau imbauan dan memang pilihannya kepala daerah yang mendekati laboratoriumnya. Maka pilihannya hanya kepala daerah yang di Bandung Raya,” katanya. 

Selain itu, dirinya pun mengaku tengah mempersiapkan kondisi fisik agar tetap bugar dalam menjalani rangkaian uji klinis vaksin Covid-19 buatan Sinovac pada hari ini, Selasa (25/8). 

“Seminggu terakhir mencoba memaksimalkan kebugaran. Olahraga, makan juga diatur tidak asal-asalan, batin ibadah juga ditingkatkan sambil baca-baca tentang informasi kalau ada apa-apa. Tapi intinya optimis, yang rada was-was ibu Cinta,” tandasnya.***