Iduladha, Kompleks Keraton Jogja Ditutup 3 Hari untuk Wisatawan

Iduladha, Kompleks Keraton Jogja Ditutup 3 Hari untuk Wisatawan
Sejumlah kompleks wisata di Keraton Yogyakarta ditutup untuk wisatawan selama tiga hari selama masa perayaan Iduladha 1443 Hijriah. (Ist)

WJtoday, Jakarta - Sejumlah kompleks wisata di Keraton Yogyakarta ditutup untuk wisatawan selama tiga hari selama masa perayaan Iduladha 1443 Hijriah. Penutupan berlangsung sejak Sabtu, hingga Senin, 9-11 Juli 2022. 

"Tutup untuk tiga hari Sabtu sampai Senin dan buka kembali hari Selasa (12 Juli)," ujar Abdi Dalem Punakawan Nerang Dahana Keraton Yogyakarta, Mas Bekel Wisnu Pawoko, seperti dikutip Antara, Minggu (10/7/22)

Wisnu menuturkan objek wisata milik Keraton Yogyakarta yang ditutup untuk publik adalah Museum Pagelaran dan Kompleks Kedhaton. Adapun kompleks Taman Sari tetap dibuka pada Minggu dan Senin, 10-11 Juli. 

Penutupan dilakukan untuk menghormati hari raya kurban bersamaan dengan penyelenggaraan hajatan Hajad Dalem Grebeg Besar. Wisnu memastikan pihak Keraton akan menggelar grebeg secara terbatas. 

Tahun ini, pihak Keraton pun meniadakan arak-arakan grebeg yang biasanya digelar tiap tahun sebelum pandemi Covid-19. Pembagian ubarampe gunungan Grebeg Besar juga terbatas hanya untuk para Abdi Dalem di dalam Keraton.

Menurut Wisnu, banyak wisatawan yang tidak tahu mengenai informasi penutupan wisata Keraton Yogyakarta. Sejak Sabtu pagi, kata dia, beberapa wisatawan datang menyambangi Keraton lantaran tak mendengar informasi penutupan. 

"Tapi tidak apa-apa kalau mau foto-foto selama tidak masuk ke dalam keraton," ujar Wisnu. 
Meski tidak bisa masuk, sejumlah wisatawan tampak berswafoto di beberapa sudut pelataran keben Keraton.***