Hepatitis Akut Misterius Diduga Bisa Menular Lewat Udara

Hepatitis Akut Misterius Diduga Bisa Menular Lewat Udara
ilustrasi Hepatitis Akut Misterius

WJtoday, Jakarta -  Anggota Komite Ahli Hepatitis Kementerian Kesehatan Rino Alvani Gani, mengungkapkan Hepatitis akut misterius diduga bisa menular lewat udara.

"Jadi hepatitis akut ini kan diduga berasal dari adenovirus. Dan virus ini memang bisa ditularkan melalui udara. Jadi karena sampai saat ini memang belum diketahui fakta sebenarnya, jadi sebaiknya kita berjaga-jaga atas kemungkinan itu," kata Rino dalam webinar Hepatitis Akut dan Kanker Hati, Sabtu (14/5/2022).

Sampai saat ini sendiri, ungkap Rino, peneliti di berbagai negara belum bisa menemukan penyebab dari munculnya hepatitis akut ini. Pun, ia menyatakan bahwa gejala yang ditimbulkan antara hepatitis akut dan hepatitis lainnya pada umumnya sama. Diantaranya diare, mata kuning, sakit perut, ALT meningkat lebih dari 500 IU/mL hingga kesadaran menurun.

"Penyebab hepatitis itu ada banyak, entah dari virus, autoimun, obat, toksin. Dan virus yang menyebabkan hepatitis juga banyak. Mulai dari dengue, cytomegalovirus, adenovirus. Tapi gejalanya memang sulit untuk dibedakan apa penyebabnya," ungkap dia.

Namun demikian, ungkap Rino, mengacu pada makna harfiah dari kata akut, sebenarnya hepatitis itu berarti baru diidap oleh pasien dalam waktu kurang dari enam bulan. Dengan waktu tersebut, peradangan hati yang dialami seseorang semestinya dapat disembuhkan tanpa memberikan efek jangka panjang.

"Kanker hati itu bisa teradi apabila peradangan hati berlangsung lebih dari 6 bulan. Normalnya yang menyebabkan kanker itu sekitar 20-30 tahun. Kalau yang hanya beberapa bulan, enggak," beber dia.

"Tapi sampai saat ini memang belum ada fakta baru lagi mengenai hepatitis akut. Jadi kita tunggu perkembangannya sambil tentunya berusaha juga mencari tahu," pungkas dia.***