Hattrick Jota Iringi Kemenangan Besar Liverpool atas Atalanta 5-0

Hattrick Jota Iringi Kemenangan Besar Liverpool atas Atalanta 5-0
Penyerang Liverpool Diogo Jota (tengah) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Atalanta
WJtoday, Bergamo - Diogo Jota melanjutkan penampilan gemilangnya dengan mencetak hattrick untuk membantu Liverpool membabat Atalanta 5-0 dalam laga lanjutan Grup D Liga Champions di Stadion Atleti Azurri d'Italia, Bergamo, Rabu (4/11) WIB. 

Hattrick itu membuat Jota selalu membobol gawang lawan dalam tiga penampilan pertamanya di Liga Champions, menyamai rekor Robbie Keane untuk Liverpool pada 2008. 

Jota membuka keunggulan Liverpool lewat sontekan cermat memanfaatkan umpan terobosan Trent Alexander-Arnold untuk memperdaya kiper Marco Sportiello pada menit ke-16. 

Atalanta hampir membalas tetapi tembakan Luis Muriel masih bisa dihentikan kiper Alisson Becker. 

Pada menit ke-33, sebuah umpan jauh kiriman Joe Gomez bisa dikendalikan dengan satu sentuhan gemilang Jota sebelum dia melepaskan tembakan keras untuk menggandakan keunggulan Liverpool. 

Keunggulan dua gol itu berhasil dijaga Liverpool hingga turun minum dan tuan rumah yang memasuki babak kedua malah mendapati gawang mereka dibobol lagi oleh Mohamed Salah yang mengakhiri sebuah serangan balik dengan sepakan tenang untuk mencetak gol ketiga tim tamu pada menit ke-47. 

Rapuhnya lini belakang Atalanta berhasil dimanfaatkan kembali oleh Liverpool, dua menit kemudian, oleh Sadio Mane yang peluangnya dalam babak pertama digagalkan Sportiello. 

Kali ini, penyerang Senegal itu melakukan sontekan sempurna untuk menambah keunggulan tim tamu menjadi 4-0. Liverpool tampil begitu trengginas mengawali babak kedua dan mencetak gol kelima mereka pada menit ke-54 saat Jota memperdaya Sportiello yang keluar meninggalkan sarangnya sebelum melesakkan bola ke gawang tidak bertuan untuk melengkapi hattricknya dalam laga itu. 

Sejak unggul lima gol, Liverpool sedikit menurunkan tensi serangan mereka, dan Atalanta memiliki setidaknya dua peluang bagus lewat Duvan Zapata, tetapi satu membentur mistar gawang dan yang lainnya dihentikan Alisson. 

Pada menit injury time, Zapata akhirnya bisa menceploskan bola ke gawang Liverpool, namun golnya dianulir karena sudah lebih dulu offside sehingga tidak mengubah skor akhir 5-0 bagi tim tamu. 

Kemenangan itu membuat Liverpool mantap bercokol di puncak klasemen sementara Grup D dengan raihan sembilan poin penuh sehingga menjejakkan satu kaki mereka di babak sistem gugur. Sementara Atalanta, yang mengumpulkan 4 poin, harus rela turun ke peringkat ketiga disalip Ajax yang menang dalam laga lainnya. ***