Hasto Ungkap Kriteria Sosok Capres Versi PDIP

Hasto Ungkap Kriteria Sosok Capres Versi PDIP
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan sosok potensial calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pilpres 2024. (antara)

WJtoday, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (Sekjen PDIP)  Hasto Kristiyanto mengungkapkan sosok potensial calon presiden (capres) yang akan diusung partainya pada Pilpres 2024. Menurut Hasto, capres PDIP harus memiliki prinsip ideologi Pancasila.

"Kalau bagi PDIP, ini Pak Djarot Syaiful Hidayat bidang ideologi dan kaderisasi, aspek ideologi sangat penting, mutlak, tidak bisa ditawar-tawar," kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022

Selain itu, capres yang akan diusung PDIP harus teguh dalam berprinsip. Pasalnya, kata Hasto, memimpin negara bukan hal yang mudah, membutuhkan keberanian dalam mengambil sikap dalam setiap permasalahan.

"Pemimpin itu harus kokoh dalam prinsip, misalnya pak Jokowi menyampaikan subsidi BBM kita saja itu Rp567 triliun, bagaimana kita menghadapi tekanan itu? Seorang pemimpin yang tidak berani mengambil sikap, tentu melihat hal itu sebagai beban," sebutnya.

Ditekankannya, keputusan untuk mengusung capres sepenuhnya menjadi kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai pemimpin tertinggi di partai berlambang banteng itu. 

"Semua ada di dalam kajian Ibu Ketum dan beliau yang menerima mandat untuk menyampaikan hal itu," ujarnya.

Sebelumnya, Hasto menyebut, Megawati mencermati setiap kadernya perihal sosok yang nantinya diusung sebaga capres-cawapres di 2024.

Oleh karena itu, terkait kapan capres dan cawapres yang diusung PDIP diumumkan, Hasto mengatakan akan disampaikan pada waktu dan momen yang tepat. 

Menurutnya, Megawati masih mempertimbangkan dan berkontemplasi agar mendapatkan sosok yang tepat.

"Terkait dengan capres dan cawapres, nanti Ibu Ketum (yang menyampaikan), beliau menegaskan masih mempertimbangkan, melakukan kajian, berkontemplasi, dan pada momentum tepat akan beliau sampaikan," tandasnya.  ***