Hasil Survei Capres: Tingkat Kesukaan Ridwan Kamil Paling Menonjol Capai 84,1 persen

Hasil Survei Capres: Tingkat Kesukaan Ridwan Kamil Paling Menonjol Capai 84,1 persen
Hasil survei terhadap 18 tokoh, Ridwan Kamil yang paling menonjol, dengan tingkat kesukaan mencapai 84,1 persen. (Nety)

WJtoday, Jakarta - Survei CiGMark menunjukkan nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masuk dalam jajaran nama-nama yang potensial menjadi calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres), di bawah Ganjar Pranowo, Puan Maharani, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Top of mind tokoh untuk menjadi presiden, apabila pemilihan dilakukan pada saat ini, muncul lima nama," kata pendiri CiGMark Setia Darma di Jakarta, Selasa (5/6/22).

Dalam survei tersebut, Ridwan  Kamil meraih angka popularitas 80,1 persen, di bawah Ketua Umum DPP Partai Gerindra  Prabowo  Subianto yang muncul di urutan pertama mencapai 95,8 persen, Gubernur DKI Jakarta  Anies  Baswedan sebesar 83,7 persen, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Salahuddin Uno 83,2 persen.

Selain mengukur popularitas nama-nama capres dan cawapres, CiGMark juga mengukur tingkat kesukaan masyarakat terhadap 18 tokoh. Hasilnya, Ridwan Kamil yang paling menonjol, dengan tingkat kesukaan mencapai 84,1 persen.

Dengan demikian, nama Ridwan  Kamil bersaing di jajaran atas dalam hasil survei top of mind calon presiden. Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga masuk empat besar ketika CiGMark melakukan survei berkenaan dengan strong supporter.

"Dari 18 nama tokoh yang ada, Ganjar Pranowo,  Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ridwan Kamil yang terlihat memiliki basis strong supporter," tambahnya.

Sementara itu, peneliti Centre of  Strategic  and International Studies (CSIS)  Philips J. Vermonte melihat ada konsistensi dukungan terhadap RK dalam survei CiGMark.

Menurut Philips, hal itu sangat positif karena satu tahun belakangan hanya ada tiga nama yang terus-menerus terdengar kencang,yakni Prabowo Subianto,
Anies Baswedan dan Ganjar  Pranowo.

"Saya kira kecenderungan dukungan yang konsisten kepada Pak Ridwan Kamil ini menarik," katanya.

​​​​​​​Masuknya nama Ridwan Kamil ke jajaran top of mind capres dan cawapres merupakan hal baru. Menurut dia, semakin banyak pilihan akan semakin baik untuk semua pihak.

"Ada konsistensi kenaikan dukungan kepada Ridwan Kamil  satu sampai dua persen. Saya kira itu tinggi juga," tambahnya.

Selain itu, lanjutnya, Ridwan Kamil merupakan tokoh yang tidak berpartai, sehingga tidak ada pergerakan partai untuk menyokong namanya.

"Tidak ada mesin partai yang  menaikkan elektabilitas dia, ini organik; yang ditemukan oleh CiGMark adalah kesukaan yang genuine dari masyarakat," ujarnya.***