Hasil Penghitungan Sementara, Pasangan Herman-Mulyana Masih Unggul di Cianjur

Hasil Penghitungan Sementara, Pasangan Herman-Mulyana Masih Unggul di Cianjur
Haslil Penghitungan Sementara, Pasangan Herman-Mulyana Masih Unggul di Cianjur
WestJavaToday, Cianjur - Pasangan Herman-Mulyana masih di posisi tertinggi dalam penghitungan sementara hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Cianjur dengan raihan suara 57,1 persen dari total suara masuk sebanyak 50 persen.

Kendati data tersebut tercatat dalam situs resmi KPU RI pilkada2020.kpu.go.id, Ketua KPU Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah meminta warga untuk menunggu hasil penghitungan resmi yang rencana pelaksanaannya 5 hari ke depan atau setelah penghitungan di tingkat kecamatan (PPK).

Data yang ditampilkan pada menu hitung suara di link KPU Pusat, menurut dia, bukan merupakan hasil resmi penghitungan perolehan suara.

"Penetapan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara  secara berjenjang sesuai dengan tingkatannya dalam rapat pleno terbuka KPU Kabupaten Cianjur," kata Selly di Cianjur, Kamis (10/12/2020).

Selly mengatakan pihaknya akan menuntaskan tahapan hingga penghitungan suara selesai di tingkat kabupaten, kemudian mengumumkan secara resmi dalam 1 pekan ke depan.


Namun, lanjut dia, untuk mengetahui penghitungan sementara warga dapat melihat langsung di situs KPU Pusat sebagai perbandingan.

Ia menjelaskan disclaimer dalam link KPU Pusat menyebutkan data pada menu hitung suara adalah data yang hasil foto formulir Model C.Hasil-KWK yang dikirim KPPS melalui Sirekap.

"Jika terdapat kekeliruan data pada formulir Model C, hasil-KWK akan dilakukan perbaikan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi di tingkat kecamatan," jelasnya.

Sebelumnya, hasil quick count versi lembaga survei Cyrus Network mencatat pasangan Herman-Mulyana meraih perolehan suara tertinggi pada Pilbup Cianjur 2020 dengan total suara 56,2 persen, atau meninggalkan tiga pasangan calon lainnya, yakni pasangan Lepi-Gilar 31,6 persen, pasangan Oting-Wawan 8,5 persen, dan pasangan Toha-Ade 3,8 persen.

Perwakilan Cyrus, Hafizzul Mizan, mengatakan pihaknya telah melakukan sampling di 400 TPS dengan margin error 1 persen. ***