Harumkan Nama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Peraih Medali Bakal Jadi ASN

Harumkan Nama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, Atlet Peraih Medali Bakal Jadi ASN
Atlet Peraih Medali di Olimpiade Tokyo 2020

WJtoday, Jakarta - Olimpiade Tokyo 2020 telah berakhir pada 8 Agustus 2021 kemarin. Selama Olimpiade digelar, beberapa atlet Indonesia yang mengikutinya berhasil membawa pulang medali.

Indonesia diketahui berhasil menyabet lima medali di Olimpiade Tokyo 2020. Atas capaian dari para atlet tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menyatakan bahwa mereka bisa mendapatkan formasi khusus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tjahjo menuturkan bahwa pemerintah bisa membuatkan formasi khusus ASN bagi atlet yang berprestasi. Menurutnya, apresiasi seperti ini, bisa menjadikan motivasi para generasi muda. Ia pun diketahui telah mendiskusikannya dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"Untuk memberikan penghargaan kepada para peraih medali Olimpiade dan pelatihnya, pemerintah bisa memberikan formasi khusus menjadi ASN," tutur Tjahjo dalam keterangan resmi, Senin (9/8/2021). 

"Menurut saya, ini diperlukan untuk menginspirasi generasi muda agar memiliki motivasi mengharumkan nama bangsa melalui olahraga."tambahnya.

Selain itu, Tjahjo menuturkan bahwa dengan adanya apresiasi membuatkan formasi khusus ASN tersebut, agar terus terjadi prestasi yang berkelanjutan. Sebab, para juara dan pelatihnya akan terus berada dalam sistem pembinaan prestasi.

Lebih lanjut, Tjahjo mengungkapkan bahwa formasi ASN khusus atlet ini bukan lah hal baru. Sejumlah atlet berprestasi di ajang-ajang lain pun pernah mendapatkan hal serupa. Adapun hal serupa diberikan pada 3 tahun lalu, terhadap atlet-atlet yang mendapatkan medali di Asian Games 2018. Bahkan pada saat itu atlet diberikan kebebasan untuk memilih antara mau menjadi ASN, polisi, atau tentara.

"Formasi khusus atlet ini pernah diberikan kepada para atlet berprestasi 3 tahun lalu untuk menjadi ASN," terang Tjahjo. 

"Ada tesnya, demikian hasil kesepakatan MenPAN-RB dengan Kepala BKN." tambahnya.

Baca Juga: Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup, Ini Klasemen Akhir Perolehan Medali

Sebagai informasi, pada Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia berhasil menempati peringkat 55 dengan menyabet 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 perunggu. Adapun medali emas berhasil didapatkan dari cabang olahraga (cabor) bulutangkis di nomor ganda putri yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Kemudian 1 medali perak berhasil didapatkan melalui cabor angkat besi yang diraih oleh Eko Yuli Irawan. Sementara untuk 3 medali perak masing-masing berhasil didapatkan melalui cabor bulutangkis di nomor tunggal putra, diraih oleh Anthony Sinisuka Ginting, angkat besi oleh Erwin Abdullah, dan Windy Cantika Aisah di cabor angkat besi juga.***