Hari Pertama PPKM Darurat di Bandung, Satgas Covid-19 Kodam III/Siliwangi Temukan Pelanggaran Prokes

Hari Pertama PPKM Darurat di Bandung, Satgas Covid-19 Kodam III/Siliwangi Temukan Pelanggaran Prokes

WJtoday, Bandung - Satgas Covid-19 Kodam III/Siliwangi bergerak cepat mengawasi pelaksanaan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat(PPKM) Darurat di Kota Bandung mulai Sabtu, (3/7/2021) dini hari.

Satgas menemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan atas aturan PPKM Darurat di salah satu tempat hiburan bernama El Cavalo di Jalan Pasirkaliki, Kota Bandung. Satgas menemukan tempat karaoke tersebut masih beroperasi dengan jumlah pengunjung yang cukup banyak.

Sesaat setelah pukul 00.00 WIB pada 3 Juli 2021, Satgas Covid-19 Kodam III/Siliwangi langsung bergerak menyusuri jalanan Kota Bandung. Satgas memastikan agar tidak ada lagi tempat hiburan, cafe, dan lainnya yang melanggar aturan PPKM Darurat.

Satgas kemudian menuju Jalan Pasirkaliki dan mendapatkan informasi ada karaoke yang masih buka. Tim kemudian mencoba mengecek dan masuk ke dalam El Cavalo. Namun sesampainya di lokasi, kondisi karaoke sangat tenang dan tertutup.

Setelah menunggu beberapa saat, ternyata ada seorang waitress membawa makanan akan masuk ke dalam ruang karaoke. Sontak saja, kecurigaan Satgas bertambah. Sayangnya, tampaknya kedatangan Satgas telah terendus, sehingga baik itu waitress atau satgas tidak bisa membuka pintu.

Namun salah seorang pengunjung yang panik ingin keluar dan mendobrak salah satu pintu yang dijaga. Akhirnya Satgas pun bisa masuk dan menemukan belasan ruangan karaoke yang masih penuh tamu. 

"Dalam satu ruangan kami menemukan tamu yang jumlahnya antara 10 hingga 12 orang. Mereka pun tidak menerapkan protokol kesehatan dan melanggar aturan PPKM Darurat," kata Wakil Kepala Penerangan Pendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen, Sabtu (3/7/2021).

Menurut dia, kedatangan satgas hanya memberi imbauan dan pemahaman kepada masyarakat bahwa telah berlaku PPKM drurat. Imbauan pun akan dilakukan secara humanis dengan cara memberitahu agar pengunjung karaoke meninggalkan tempat.

Dia mengatakan, imbauan itu terkait PPKM darurat yang sudah dimulai. Apalagi Kota Bandung termasuk zona merah dengan risiko tinggi penyebaran Covid-19, sehingga tempat hiburan dan tempat wisata ditutup.  

"Kami berharap dengan langkah cepat gang kami lakukan ini bisa menekan penyebaran Covid-19 di Kota Bandung," katanya.  

Selain memastikan tidak ada pelanggaran aturan PPKM Darurat, Satgas Covid-19 Kodam III/Siliwangi juga terlibat secara aktif bersama saatgas dari unsur lainnya. Salah satunya turut melakukan penyekatan beberapa ruas jalan di Bandung dan pintu keluar masuk tol.***