Hafidz Qur'an Bisa Jadi Bintara Polri? Ini Penjelasannya

Hafidz Qur'an Bisa Jadi Bintara Polri? Ini Penjelasannya
ilustrasi.(twitter)

WJtoday, Jakarta - Seleksi penerimaan calon Bintara Polri 2022 telah dibuka. Lowongan itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor: Kep/1696/XI/2021 tanggal 8 November 2021 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Pol Wahyu Widada.

Dalam seleksi penerimaan tersebut ada tiga jalur yang dibuka, di antaranya jalur penghargaan, talent scouting, dan affirmative action.

Pada ketiga jalur tersebut, jalur talent scouting, dinilai merupakan jalur dengan nilai tambah karena dinilai memiliki kemampuan lebih dari peserta lain melalui prestasi yang mereka dapatkan, jalur talent scounting sendiri adalah jalur bakat khusus yang dibutuhkan Polri. 

Jalur ini dibagi dua bagian, yakni prestasi akademik dan nonakademik. Untuk akademik, diberikan bagi mereka siswa kelas XII yang menjuarai olimpiade sains, atau kejuaraan yang direkomendasikan Kemenpora dan Kemendikbud, tingkat kabupaten, provinsi atau nasional.

"Bagi yang sudah lulus SMA/MA harus memiliki hasil ujian nasional peringkat satu sampai 10 terbaik di tingkat kabupaten/kota, dan bukan ujian perbaikan," tertuang dalam surat keputusan.

Melalui prestasi non akademik, yakni mereka yang juara satu, dua, atau tiga di bidang olahraga tingkat provinsi, nasional, atau internasional yang diselenggarakan Kemenpora dan Kemendikbud. 
Selain itu, ada juga slot untuk juara satu, dua, tiga Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi, nasional, atau internasional yang diselenggarakan Kemenag.

"Hafidz Quran minimal 10 juz serta memiliki kemampuan tafsir Quran dan/atau Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat nasional," tulis keterangan resmi Kapolri itu.

Salah satu Polda yang sudah melaksanakan seleksi melalui jalur talent scounting adalah Polda Sulawesi Tengah (Sulteng). Dalam Video Tiktok yang diunggah oleh akun @Fahrozi memperlihatkan seorang siswa yang sedang mengikuti seleksi Bintara Polri melalui jalur Hafidz 10 Juz Al-Qur'an. 

Dalam keterangan video tersebut disebutkan bahwa seleksi penerimaan dilakukan di Polda Sulteng

"Calon Siswa Bintara Rekprp T.A 2022 Polda Sulteng," keterangan unggahan video.

Sebagai catatan, syarat prestasi nonakademik berlaku paling lama 3 tahun sebelum pendaftaran penerimaan anggota Polri dan dibuktikan dengan tanggal yang tercantum dalam piagam, piala, medali dan/atau surat keterangan dari instansi/lembaga yang berwenang.

Dalam unggahan video tersebut menuai dukungan dari para netizen :

"Alhamdulillah ada jalur seperti ini…mg (semoga) teteap istiqomah polri dalam perekrutan seperti ini," tulis akun @r1zk1_alfirza.14

"Insya Allah kelak akan jadi polisi yang amanah, jujur dan berkakhlakul qarim. Bravo Kepolisian Republik Indonesia," tulis akun @Mujiharto88

"KEPOLISIAN REPUBLIK INDONESIA Menuju Kemajuan..Luar Biasa..," komentar akun @user54644×××× .***