Habib Rizieq Shihab Bacakan Pledoi Kasus Tes Swab RS Ummi Bogor, Hari Ini

Habib Rizieq Shihab Bacakan Pledoi Kasus Tes Swab RS Ummi Bogor, Hari Ini
Habib Rizieq Shihab

WJtoday, Jakarta - Terdakwa perkara dugaan pelanggaran kekarantinaan kesehatan di RS Ummi Bogor, Jawa Barat, Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab diagendakan akan membacakan pledoi atau pembelaan kasus tersebut.

Agenda pembacaan pledoi digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (10/6/2021) pagi ini.

"Kamis, pembacaan pledoi atau pembelaan dari terdakwa atau penasihat hukumnya," kata Humas PN Jaktim Alex Adam Faisal dalam keterangannya kepada wartawan.

Selain Habib Rizieq, terdakwa dalam perkara ini yaitu Direktur Utama RS Ummi dr. Andi Tatat dan Muhammad Hanif Alatas yang merupakan menantu Habib Rizieq.

Jaksa penuntut umum (JPU) sebelumnya menuntut Habib Rizieq dengan pidana penjara selama enam tahun. Habib Rizieq dianggap terbukti bersalah melanggar Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Habib Rizieq dianggap menyiarkan berita bohong soal hasil tes swab di RS Ummi. Beberapa hal yang memberatkan tuntutan pidana terhadap Habib Rizieq yaitu, tokoh Front Pembela Islam (FPI) tersebut pernah dihukum sebanyak dua kali pada tahun 2003 dan 2008.

Selain itu, perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam percepatan pencegahan Covid-19. Habib Rizieq juga dinilai tidak menjaga sopan santun dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan di persidangan.

Sementara itu, dengan pasal yang sama, Andi Tatat dan Hanif Alatas dituntut pidana dua tahun penjara.

Hanif dan Andi Tatat dianggap ikut serta menyiarkan berita bohong soal hasil tes swab Habib Rizieq.***